Bangun Infrastruktur, Pemprov NTB Usulkan Rp 16 Triliun Ke Presiden

Date:

biro humas NTB
Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Pemprov NTB, H Yusron Hadi

MATARAM, Kabar Sumbawa–Gubernur NTB, TGH M Zainul Majdi terus berikhtiar membangun Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan merencanakan beberapa pembangunan, terutama infrastruktur. Estimasi kebutuhan biaya mencapai Rp 16 Triliun lebih.

Hal ini dijelaskan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Pemprov NTB, H Yusron Hadi kepada wartawan di ruang Media Center, Kamis (23/2).

Dikatakan, bahwa apa yang menjadi rencana kebutuhan Pemprov NTB itu telah di sampaikan oleh Gubernur kepada Presiden RI Joko Widodo, saat rapat terbatas Selasa (21/2) di Istana Negara.

Dihadapan Presiden, sapaan Tuan Guru Bajang (TGB) itu memaparkan beberapa rencana pembangunan infrastruktur pendukung kemajuan perekonomian NTB seperti, perpanjangan Runway BIL sepanjang 250 meter, kebutuhan dana Rp 250 miliar.
Kemudian baypas port to port Lembar-Kayangan sepanjang 103,5 kilo meter, kebutuhan anggaran Rp 4,75 Triliun dengan Empat lajur, Dua arah.

Baca juga:  Direktur Samota Gemilang Bantah Minta APBD untuk Pelaksanaan MXGP

“Nah yang jalan layang Lembar-Kayangan itu pemerintah pusat minta dilakukan pengkajian tentang tingkat kelayakan, apakah pembiayaan memungkinkan. Terlebih bersifat bisnis,” ungkap H Yusron Hadi.

Tidak hanya itu, lanjut Yusron, beberapa spot kawasan strategis yang dianggap konstilasi pembagunan lombok seperti Lombok Tomur, Lombok Tengah dan Kota Mataram yang merupakan pusat konsentrasi pemukiman Lombok juga masuk usulan.
Contohnya di Wilayah Selatan, diusulkan pembangunan jalan baypas lingkar selatan dari Lombok Barat (Dermaga Gili Mas) – Lombok
Tengah (Kawasan Ekonomi Khusus, Mandalika Resort) dan Lombok Timur , tembus pantai ping dengan panjang 177 kilo meter, kebutuhan biaya 3,41 Triliun.

“Nah kalau di Utara seperti Globalhub juga sempat disampaikan ke pak Presiden,” kata
Yusron.

Baca juga:  Kapolsek Rhee Dan Plampang Berganti

Ditambahkan, akses dari Mandalika-BIL diusulkan pelebaran jalan satu meter kiri dan kanan, sepanjang 25 kilo meter kebutuhan biaya Rp 1,75 Triliun. Untuk ring utara, mulai dati Pemenang, Bayan dan Sembalun sepanjang 80 kilo meter perkirakan kebutuhan Rp 700 miliar.

Selain itu, ada beberapa proyek pusat yang diupayakan dipercepat seperti pembangunan Bendungan Meninting Lombok Barat, luas lahan pembangunan 53 hektare, biaya 1,2 Triliun. Sama halnya dengan Bendungan Bintang Bano KSB Rp 1 Triliun. Sementara untuk Bendungan Beringin Sila Kabupaten Sumbawa ditargetkan akan dikerjakan mulai 2019 dengan luas lahan 161 hektare, kebutuhan angaran 1 Triliun.

Sama halnya rencana Waduk Tanju dan Mila, dapat dipastikan tuntas pembangunannya pada Tahun 2019. (KS/YDS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan caleg iklan caleg

Populer

More like this
Related

KEMENKUMHAM NTB Terima Hibah Lahan dari Pemda KSB

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com - Bertempat di Graha Fitrah Kemuter...

THR ASN Pemkab Sumbawa Sudah Bisa Dicairkan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup...

Kapolsek Rhee Dan Plampang Berganti

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com -  Kepolisian Resor Sumbawa menggelar Upacara...

Peringati Malam Nuzulul Quran, Bupati Ajak Ciptakan Masjid Ramah Anak

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa memperingati malam...