Mensos Serahkan Bantuan Sosial Rp. 21,2 Miliar ke KSB

Date:

Bansos Menteri Sosial di berikan mepada KSBSumbawa Barat, Kabar Sumbawa–Menteri Sosial, Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa menyerahkan bantuan sosial bagi Kabupaten Sumbawa Barat senilai Rp21,2 Miliar.
Bantuan yang diserahkan secara simbolis di Pendopo Bupati Sumbawa tersebut terdiri dari Program Keluarga Harapan, Bansos Lansia, Bansos Disabilitas, Beras Sejahtera, dan Bantuan Hibah Dalam Negeri.
Bantuan rastra merupakan bantuan dengan nominal terbesar senilai Rp13,8 miliar yang diperuntukkan bagi 10.096 keluarga. Disusul PKH senilai Rp7,2 miliar bagi 4.006 keluarga dan bantuan hibah dalam negeri sejumlah Rp78 juta.
“Total keseluruhan bansos yang digelontorkan pemerintah untuk 10 kabupaten di NTB senilai Rp950 miliar,” ujarnya.
Khofifah mengatakan saat ini pemerintah melalui Kementerian Sosial tengah gencar melakukan percepatan pengentasan kemiskinan di seluruh wilayah Indonesia dengan mengintegrasikan bantuan sosial dan subsidi dalam satu kartu keluarga sejahtera (KKS).
Diterangkan, kartu tersebut memiliki fitur uang elektronik dan tabungan sehingga bisa menampung bansos PKH, Pangan, serta Subsidi  lainnya. Dalam menyalurkan bantuan sosial nontunai, Kemensos bekerja sama dengan Himpunan Bank Negara (Himbara) yakni BRI, Mandiri, BNI, dan BTN.
Khofifah menambahkan, lokasi uji coba penyaluran bantuan sosial non tunai PKH di Provinsi Nusa Tenggara Barat pada tahun 2016 adalah kota Mataram. Kabupaten
Sumbawa Barat menjadi salah satu lokasi perluasan penyaluran non tunai tahun 2017 bersama-sama dengan 7 Kabupaten lainnya.
“Total Penyaluran Non Tunai sampai
dengan akhir tahun 2017 akan menjangkau 34 Provinsi di 200 Kabupaten, 98 Kota dan 2.065 Kecamatan bagi 3.019.704 Keluarga Penerima Manfaat (KPM),” imbuhnya.
Bupati Sumbawa Barat, W. Musyarifin mengatakan, apa yang dilakukan olehnya merupakan upaya mendidik masyarakat agar mau menabung, bertanggung jawab, disiplin dan jujur. Digandengnya bank dalam penyaluran bantuan menurutnya adalah salah cara modern agar bantuan yang diberikan bisa lebih efektif dan tepat sasaran. (KS/YDS)
Baca juga:  Pansus DPRD Sampaikan Laporan Pembahasan Ranwal RPJPD 2025-2045

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Bupati Sumbawa Serahkan SK Pengangkatan 759 P3K Formasi 2023

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sebanyak 759 orang Pegawai Pemerintah...

PBK Tinggi Peminat, BLK Sumbawa Fokus Pada Kebutuhan Dunia Usaha/Dunia Industri

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Dalam upaya mengatasi lonjakan pengangguran,...

Pansus DPRD Sampaikan Laporan Pembahasan Ranwal RPJPD 2025-2045

Sumbawa, Kabarsumbawa.com - Pembahasan Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan...

Tingkatkan Perlindungan Anak, DPRD Sumbawa Bahas Pembentukan Rumah Aman

Mataram, Kabarsumbawa.com - DPRD Kabupaten Sumbawa berkomitmen meningkatkan perlindungan...