oleh

Sekolah Yang Belum Siap Laksanakan UNBK, Terpaksa Ujian Manual

Sumbawa Barat, Kabar Sumbawa – Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Sumbawa Barat, menargetkan 8 Sekolah per Kecamatan bisa melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Namun, baru 5 sekolah yang sudah siap. Sementara untuk 3 sekolah lainnya, masih diusahakan. Jikalau tidak bisa, terpaksa akan UN Manual.

Sekretaris Dikpora KSB Drs. Tajudin
Drs. Tajudin
Sekretaris Dikpora KSB

“Obsesi kita minimal 8 sekolah per kecamatan bisa melaksanakan UNBK di tahun ini” Ungkap Sekdis Dikpora KSB Drs. Tajuddin M.Si kepada Wartawan, Selasa (14/2) di Gedung Graha Fitrah.

Ia menyebutkan, dari 8 sekolah tersebut, baru ada 5 sekolah yang sudah siap melaksanakan UNBK dan sudah ada SK dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yakni SMPN 1 Taliwang, SMPN Buin Batu, MTsN Taliwang, SMPN 1 Maluk dan SMPN 3 Taliwang. Sementara 3 sekolah lainnya sedang di evaluasi kembali diusahakan agar tahun ini bisa melaksanakan UNBK.

Baca juga:  UNBK 2017, 8 SMP dan MTsN di KSB Dipastikan Ikut

“Tapi kalau memang tidak bisa karena berbagai keterbatasan, terpaksa kita lakukan ujian dengan sistem manual” Jelasnya.

Permasalahan yang dihadapi untuk bisa melaksanakan UNBK ini, lanjutnya, bukan saja berupa Komputer. Tetapi juga jaringan internetnya. Bisa saja nanti bentuk solusinya yaitu dengan membawa kesekolah yang memiliki jaringan internetd dan itu juga perlu kesiapan.

“Hari ini kita lakukan salah satu bagian dari evaluasi kesiapan, hari ini kita lakukan dengan semua Kepsek terkait hal tersebjt. Setelah itu baru kita laporkan ke Bupati” Terangnya seraya menambahkan 5 Sekolah yang disebutkan tadi, semuanya sudah siap.

“Hanya SMPN 1 Maluk saja yang persiapannya saat ini belum selesai. 4 Sekolah lainnya sudah selesai” Pungkasnya.(KS/YUD)

iklan bkbpp

News Feed