oleh

Gubernur NTB Tinjau Lokasi Banjir Sambelia

Gubernur NTB meninjau lokasi banjir di Sambelia
Gubernur NTB meninjau lokasi banjir di Sambelia

Lombok Timur, Kabar Sumbawa–Gubernur NTB DR. TGH. M. Zainul Majdi  meninjau secara langsung lokasi terparah bencana banjir bandang di Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur pada Senin (13/2/17).

Pada kesempatan ini, atas nama Pemprov NTB dan seluruh masyarakat gubeenur menyatakan prihatin terhadap bencana banjir yang terjadi.
Dikatakan gubernur, bahwa peristiwa bencana seperti ini memang tidak diinginkan. Hal ini terjadi sebagai dampak dari rusaknya lingkungan alam, dari ulah manusia sendiri.
“Saya atas nama Pemerintah Provinsi NTB ikut berbela sungkawa atas terjadinya musibah banjir bandang  yang telah menimbulkan banyak kerugian,” kata Gubernur dalam peninjauan ini.
“Pada saat yang bersamaan juga kita harus mencari penyebab mendasar mengapa ini terjadi. Saya tentu tidak mau menentukan mengapa ini terjadi, biar nanti kita investigasi. Kalau memang ini faktornya karena perilaku manusia yang merusak lingkungan mari kita perbaiki bersama-sama ke depan dan hal ini juga harus kita jadikan pelajaran,” ajak Gubernur.
Gubernur menegaskan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Lombok Timur, serta pihak terkait lainnya untuk langkah antisipasi. Sementara terkait program penanggulangan pasca bencana atau mitigasi, Gubernur  menugaskan Kepala Dinas  Pekerjaan Umum untuk membantu korban yang telah kehilangan tempat tinggal, melalui program Rumah Layak Huni dengan berkoordinasi bersama kementerian terkait.
“Tadi saya sudah mendapat gambaran, bahwa nanti akan ada bantuan bagi korban banjir melalui program rumah layak huni, dan jangan khawatir untuk makan minum sudah ada dapur umum yang siap melayani 24 jam, selain itu nanti juga akan ada bantuan dari Kementerian sosial yang akan diatur teknisnya oleh kepala dinas sosial provinsi NTB,”ujar TGB
“Kita akan bantu secepat mungkin supaya masyarakat kita kembali hidup seperti sedia kala dan normal kembali termasuk traumanya secara perlahan dengan para tokoh agama dan psikolog untuk mengembalikan kepercayaan diri atau trauma hiling,” katanya. (KS/YDS).
iklan bkbpp
Baca juga:  KPU Bimtek Cara Penetapan Kursi dan Penetapan Caleg Terpilih

News Feed