oleh

Banjir Bandang Kedua Kembali Menerjang Kota Sumbawa

situasi banjir rendam kelurahan samapuin sumbawa
banjir rendam kelurahan samapuin kecamatan sumbawa

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa — Banjir Bandang yang kedua kalinya kembali menerjang kota Sumbawa pada Kamis (9/2/12) sekitar pukul 12.20.wita warga yang berada di enam kelurahan didalam kota sumbawa dan  tiga kecamatan terdekat,  kembali dipanikkan dengan datangnya air banjir secara tiba-tiba.

Dari pantauan Kabar Sumbawa.Com yang turun langsung kelokasi banjir, seperti  di kelurahan Samapuin dan Brang bara, terlihat warga panik berhamburan keluar rumah menyelamatkan diri dan keluarga serta harta yang masih bisa di bawah mengamankan diri ke lokasi yang lebih aman untuk mengungsi.

banjir bandang sumbawa rendam rumah wargaSeperti salah satu Warga Kelurahan Brang bara Muhammad Daud (58), yang rumahnya berada belakang Gereja Baitani, saat di konfirmasi dilokasi pengungsian Aula Rumah Dinas Dandim 1607 Sumbawa menjelaskan, dirinya sedang asyik berkumpul bersama keluarganya di dalam rumah, tiba-tiba sekitar pukul 12.20 Wita, ia dikejutkan dengan teriakan warga bahwa ada banjir datang.

Baca juga:  Polisi Buru Empat Perampok Toko Emas Alas

Ia yang kaget dan panik, akhirnya keluar rumah dan melihat air sudah berada di halaman rumahnya naik dengan begitu cepat, tanpa berpikir panjang ia bersama keluarga dan tetangga sekitar dengan segera mengamankan diri ke lokasi yang lebih aman tanpa membawa harta sepeserpun.

Kini ia bersama pengungsi yang lain berharap adanya bantuan dari pemerintah dan para dermawan, menginggat ia bersama empat tetangganya sudah tidak memiliki tempat tinggal akibat diterjang banjir. “ hanya baju yang melekat dibadan saja harta yang ia bisa selamatkan,” ungkapnya.

Untuk diketahui adapun lokasi yang terendam dari data sementara Makodim 1607 Sumbawa pada Kamis (9/2/17). terdapat enam kelurahan yang terdapat di Kecamatan Sumbawa yakni, Lingkungan Surya bhakti (Karang Cemes) Kelurahan Pekat, Kelurahan Brang Bara, Kelurahan Samapuin, Kelurahan Bugis, Kelurahan Lempeh dan Brang biji .dan merendam sekitar 5000 KK

Baca juga:  ​Pembangunan Irigasi Bendungan Mamak Ganggu Pola Tanam Petani

Sementara untuk tiga kecamatan lainnya seperti Kecamatan Labuhan Badas merendam satu desa yakni  Desa Labuan Sumbawa, dan untuk Kecamatan Moyo Hilir seperti Desa Poto, Desa Kakiang, Berare, Moyo Mekar, Ngeru, Sengkal dan Batu Bangka. Sedangkan Kecamatan Moyo Utara yang merendam Desa Sebewe, Desa Songkar, Desa Pungkit, Dusun Nanga Talo dan Desa Baru Tahan. Asal banjir di dua Kecamatan ini dari aliran sungai yang berasal dari Kecamatan Moyo Hulu dan Kecamatan Lape. Hingga berita ini diturunkan hujan deras masih menyelimuti kota sumbawa(JHS)

Komentar

News Feed