oleh

Banjir Bandang, Terjang Ribuan Rumah di Sumbawa

Banjir Bandang Sumbawa
Banjir Bandang Terjang Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa – Meluap air sungai yang membelah kota Sumbawa disebabkan Curah hujan yang tiggi dan gelombang pasang air laut,  Selasa malam (7/2/17) sekitar pukul 22.00 menyebabkan banjir bandang di tujuh kelurahan dan satu desa di dua kecamatan di dalam wilayah kabupaten Sumbawa.

Banjir yang datang secara tiba-tiba membuat sebagian warga panik menyelamatkan barang dan keluarga ketempat yang lebih aman untuk mengungsi, ribuan rumah terendam akibat banjir bandang tersebut.

Dari data sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten sumbawa, lokasi yang diterjang banjir bandang meliputi beberapa wilayah kelurahan di Kecamatan Sumbawa seperti, Kelurahan Samapuin, Lingkungan Surya Bhakti (karang cemes)Kelurahan Pekat, Brang Bara, Gang Teratai dan Marilonga Kelurahan Bugis, Kelurahan Lempeh dan Kelurahan Brang Biji.

Baca juga:  YKMI Salurkan Bantuan UNHCR Untuk Korban Gempa di Sulawesi Tengah

Sementara untuk Kecamatan Labuhan Badas yakni di Desa Labuan Sumbawa seperti, Dusun Padak, Kali Baru, Griya Idola dan kampung pasir dengan ketinggian air setengah meter hingga satu meter. jam 22.00 wita air mulai merendam rumah warga, ditambah dengan gelombang pasang air laut yang memperparah banjir di wilayah labuhan sumbawa. Diperkirakan sekitar 2070 KK atau 7755 jiwa yang terdampak akibat banjir tersebut.

Tim gabungan dari Pemda, TNI dan Polri telah diturunkan untuk membantu evakuasi warga di lokasi yang diterjang banjir, termasuk semua kantor Polsek dan kelurahan telah disiagakan untuk membantu warga yang ingin mengungsi. (ks/jhs)

News Feed