oleh

BMKG: Hujan Disertai Angin Kencang Akan Landa Sumbawa

Kepala Stasiun BMKG Sumbawa Henriyono, SP
Kepala Stasiun BMKG Sumbawa Henriyono, SP

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa—Masyarakat Sumbawa, khusnya yang berada di wilayah pantai dan bantaran kali di harapkan dalam dua hari kedepan lebih waspada, dari hasil pantauan BMKG Sumbawa, bahwa dalam dua hari kedepan akan terjadi   hujan yang disertai angin di wilayah NTB.

Kepala Stasiun BMKG Sumbawa Henriyono, SP yang dikonfirmasi diruang kerjanya Senin (6/2/17) membenarkan hal tersebut, menurutnya, bukan saja di NTB namun hampir diseluruh Indonesia akan terjadi  Badai, Low Frezer Dan Low Depresion ( Hujan yang disertai angin ) selama dua hari terakhir di wilayah NTB.

Lanjut Hendriyono, kondisi tersebut lebih akibat adanya bibit badai di wilayah Australia dan di Philipina. Yang berakibat terjadinya curah hujan dengan intensitas rendah hingga sedang yang disertai angin kencang.  Ditambah juga adanya fenomena alam saat ini, dimana  terjadi pusat tekanan rendah di bagian Australia atau di bagian selatan wilayah NTB yang berdampak pada pertemuan angin yang berakibat  tinggi gelombang laut.

Baca juga:  Gempa 7.0 SR, Guncang Lombok Timur. Berpotensi Tsunami.

Dijelaskannya, dari pantauan terakhir,  tinggi gelombang laut di Selat Alas dan perairan wilayah NTB berkisar antara 0,5 hingga 3,5 meter. kondisi ini sangat berbahaya bagi pelayaran, dalam hal ini BMKG menghimbau masyarakat untuk waspada jika ingin bepergian, begitu juga kepada pemilik kapal kecil atau kapal yang tidak layak untuk beristirahat berlayar karena adanya peningkatan ketinggian gelombang laut akibat adanya angin kencang.(JHS)

News Feed