oleh

Hujan 24 Jam, Desa Sapugara Bree Terendam Banjir

Sumbawa Barat, Kabar Sumbawa – Sedikitnya ratusan rumah warga di 4 Dusun di Desa Sapugara Bree, Kecamatan Brang Rea terendam air setinggi 1 meter akibat hujan yang mengguyur sejak Selasa (31/1) kemarin dan membuat sungai brang rea meluap.

Kepala Desa Sapugara Bree, Andi Subandi S.Pd kepada KabarSumbawa.com, Rabu (1/2) via Selluler mengatakan, di wilayah Kecamatan Brang Rea, hanya wilayahnya saja yang terkena dampak paling parah. Dimana, air setinggi 1 meter merendam beberapa rumah warga di bantaran sungai dusun sejawat.

iklan kampanye

“Ini karena rumah yang terendam tersebut letaknya di bantaran sungai, jadi airnya cukup tinggi sekitar 1 meter” ungkapnya.

Baca juga:  Penyelesaian Batas Sumbawa – KSB Diserahkan ke Pusat

Sementara untuk dusun lainnya, seperti di dusun monjok, dusun sapugara, dan dusun bree hampir seluruh rumah warga terendam banjir. Hanya di dusun Bree yang terendam air cukup tinggi sekitar 75 centimeter. Kepala Desa Sapugara Bree, Andi Subandi saat mengecek kondisi ketinggian air.

Melihat kondisi cuaca saat ini dan intensitas hujan yang masih tinggi, lanjutnya, tetap mengantisipasi kemungkinan adanya banjir susulan yang lebih besar lagi, dengan lebih membangun patisipasi warga untuk tetap waspada.

“Kemungkinan-kemungkinan itu harus kita waspadai. Dengan kondisi cuaca yang seperti ini, minimal kita himbau kepada warga untuk waspada. Kami pemerintah tetap tanggap dengan kondisi ini.” Himbaunya.

Baca juga:  2018, Tersisa Satu Paket Proyek Dalam Proses Tender

Kepada Pemerintah Daerah Sumbawa Barat, ia berharap agar bisa segera mengambil langkah antisipatif agar masalah banjir ini tidak terus menerus menghantui warga. Seperti dengan melakukan pengerukan daerah aliran sungai, memasang bronjong atau tanggul penahan air agar tidak masuk ke pemukiman atau ada cara lainnya.

“Yang terpenting bagaimana agar kondisi masyarakat yang setiap tahun menjadi langganan banjir ini bisa dicarikan solusinya,”Harapnya.(KS04)