oleh

Gak Cuma Kenawa, Ini 5 Destinasi Wisata Lainnya Di Sumbawa Barat

Sumbawa Barat, Kabar Sumbawa – Destinasi Wisata Kabupaten Sumbawa Barat, selalu identik dengan Pulau Kenawa. Tapi ternyata tidak hanya itu, Kabupaten ini masih punya tempat-tempat wisata lain yang tidak kalah keren dengan Pulau Kenawa.

Kabupaten yang baru merayakan HarLah ke-13 21 November tahun lalu ini, memiliki potensi wisata yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi.

iklan kampanye

Dirangkum dari hasil perjalanan reporter kabarsumbawa.com, ini destinasi-destinasi yang bisa traveller kunjungi di akhir pekan :

1. Pantai Jelenga Pantai Jelenga

Pantai yang masuk dalam wilayah Desa Jerewe Goa, Kecamatan Jereweh ini sangat mempesona.

Berjarak sekitar 7 km ke arah barat dari Desa Goa, jalanan menuju Pantai Bandengan tergolong bagus, sehingga traveler bisa berkunjung dengan kendaraan bermotor. Tidak ada tiket masuk. Hotel dan Reasturan cukup banyak ditemui di Pantai ini.

Pasir putih yang membentang sekitar 2 KM dan air laut yang jernih, akan menyambut traveller. Bahkan, di musim-musim ombak sedang tinggi, akan banyak peselancar datang ke pantai ini untuk menaklukkan ombaknya yang mencapai 2-3 meter. Baik dalam negeri maupun luar negeri. Event selancar International pernah beberapa kali di adakan disini.

2. Air Terjun Ai Kalela Air Terjun Ai Kalela

Selain memiliki wisata pantai, Kecamatan Jereweh juga memiliki wisata alam air Terjun. Namanya Air Terjun Ai Kalela.

Bentuknya yang unik dimana airnya jatuh dari tebing berundak-undak serta airnya yang jernih, ditambah dengan kolam persis di bawah air terjun, membuat para traveller yang datang kesini pasti ingin menceburkan diri.

Baca juga:  FPM 2018, Bakal Tonjolkan Budaya Mantar

Yang lebih unik lagi, air terjun ini jyga punya sebutan lain, Air terjun Semporon Tangkil, Kalela, Ai Koa dan Janup.

Akses menuju air terjun ini, cukup nyaman. Hanya saja, sekitar 1 KM menuju kesana jalannya tidak teraspal. Namun, hamparan perkebunan dan sawah milik warga mampu mengurangi kurang nyamannya perjalanan.

Letaknya pun tak jauh dari tempat memarkir kendaran, cukup dengan berjalan kaki sekitar 100 M, suara khas air terjun akan menyambut para traveller ditengah hutan Jereweh.

3. Air Terjun Ai Mual. Air Terjun Ai Mual

Beralih ke wilayah Timur Sumbawa Barat, tepatnya di Desa Bangkat Monteh, Kecamatan Brang Rea, terdapat sebuah air terjun yang keunikan dan karakteristiknya hampir sama dengan air terjun Mata Jitu di Pulau Moyo, Sumbawa.

Letaknya yang berada di pedalaman Desa Bangkat Monte, tidak banyak diketahui masyarakat. Dengan ratusan undakan-undakan dan kolam-kolam berisi air berwarna hijau tosca, tidak heran banyak traveller yang menyamakan air terjun yang dapat di tempuh dengan kendaraan bermotor sekitar 10 menit dari desa bangkat monte ini, dengan sebutan kembaran Air Terjun Mata Jitu. Nggak percaya? #ayokesumbawabarat

4. Gua Mumber. Gua Mumber

Selain air terjun ai mual, desa bangkat monteh juga mulai dikenal dengan wisata guanya. Salah satunya Gua Mumber.

Siapkan fisik anda sebelum ke Gua ini karema perjalanannya cukup melelahkan. Letaknya di pedalaman hutan, membuat perjalanan ke Gua Mumber ini cukup melelahkan karena harus menempuh jalan setapak menanjak serta lumayan curam di beberapa tempat di tengah perjalanan.

Baca juga:  Pesona Tambora 2016 Tanpa Teluk Saleh Menjadi Ritus Wisata Budaya Sepi

Tapi, jika sudah sampai di gua ini. Semua lelah akan terbayar lunas. Karena pemandangan menakjubkan akan langsung terhampar begitu masuk ke dalam gua. Langit-langit gua setinggi kurang lebih 30 meter dan batuan-batuan raksasa yang terbentuk dari stalagmit dan stalagnit terlihat unik dan indah bak pilar-pilar istana. Ditambah bau khas dari kotoran kelelawar akan langsung tercium.

Bagi anda pecinta petualangan gua, wajib mengunjungi tempat ini.

5. Puncak Mantar Puncak Mantar

Destinasi yang terakhir ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga traveller. Karena, desa yang letaknya 653 mdpl ini pernah menjadi lokasi shooting film serdadu kumbang tahun 2011 yang lalu. Karena film itu pula, mantar menjadi terkenal hingga sekarang. Dan menjadi salah satu top destinasi di Sumbawa Barat.

Selain terkenal karena pemandangannya yang indah. Desa mantar juga terkenal sebagai spot olahraga paralayang. Bahkan ajang paralayang berskala international pernah diadain disini.

Menuju ke desa ini sekarang cukup mudah. Bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Atau bisa juga dengan menggunakan mobil jenis double gardan yang biasa menjadi angkutan tranportasi kesana dengan tarif yang sangat murah.

Masih banyak lagi destinasi-destinasi wisata yang tidak kalah bagusnya di Bumi Pariri Lema Bariri ini. Jadi, tunggu apalagi? #AyoKeSumbawaBarat. (KS04)

iklan debat