by

Belasan Orang Terjaring Operasi Bina Kusuma

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa – Operasi Bina Kusuma yang dilakukan oleh Mapolres Sumbawa pada hari kedua Rabu (17/1/17) berhasil mengamankan 16 orang dibeberapa lokasi didalam kota Sumbawa.dalam operasi tersebut petugas berhasil mengamankan 2 orang diantaranya  Ab (32) dan Dr (33), warga Kecamatan Empang yang diduga mengkonsumsi narkoba jenis sabu, menginggat dilokasi mereka diamankan ditemukan barang bukti berupa alat hisap bong didepan kamar kos mereka. Sementara untuk 5 pasangan yang diamankan di lima kamar kost terbukti tidak memiliki surat nikah atau pasangan kumpul kebo, sementara sisanya diamankan karena tidak memiliki identitas (KTP)

Kapolres SBW
AKBP. Muhammad, SIK.
Kapolres Sumbawa

Kapolres Sumbawa, AKBP. Muhammad, S.IK., yang dikonfirmasi menjelaskan, adapun sasaran operasi Bina kusuma tersebut tidak lain untuk mencegah gangguan kamtibmas dan penyakit masyarakat yang berada diwilayah hokum Mapolres Sumbawa. Operasi ini dilaksanakan dari tanggal 17 hingga 31 Januari mendatang.

Lanjut Kapolres, operasi tersebut selain di lokasi keramaian juga dilakukan di lokasi kos-kosan dan hotel serta ke wilayah Room-room karaoke. Untuk diketahui pada hari pertama pohaknya berhasil menjaring 4 orang yang tidak memiliki kartu identitas di wilayah sampar gadung Labuan badas.

Ditambah  lagi belasan orang pada hari kedua. dijelaskannya, Terhadap mereka yang diamankan baik yang bukan suami isteri dan warga tanpa identitas Sumbawa akan diberikan pembinaan. Jika mereka memiliki keluarga maka akan dipanggil ke Polres Sumbawa. Bila tidak punya keluarga maka diminta untuk mengurus kelengkapan administrasi Kependudukan supaya identitasnya lebih jelas.

Baca juga:  Pick-up Terbalik Dua Meninggal Dunia

Sementara mengenai dua orang terduga konsumsi narkoba, pihaknya akan mengecek terlebih dahulu untuk mengetahui kebenarannya dengan melakukan tes urine. Jika positif mengunakan narkoba, maka penanganannya akan diserahkan ke Sat Res Narkoba. Dalam hal ini, Kapolres mengimbau kepada masyarakat maupun para pemilik kos-kosan supaya tidak menerima penghuni yang tidak memiliki identitas yang jelas. Karena pemilik kos yang menerima penghuni tanpa identitas jelas juga akan dipanggil untuk diperingati. Demikian nantinya hasil operasi ini akan disampaikan juga ke pemerintah daerah untuk menjadi bahan evaluasi. Selain mengamankan pasangan tanpa surat nikah dan tanpa KTP, Tujuan operasi ini juga untuk menanggulangi persoalan premanisme, KDRT, narkoba dan tindak pidana lainnya yang menganggu ketertiban umum,” Jelas Kapolres.”

Jelasnya, Dengan adanya operasi ini, diharapan Kabupaten Sumbawa menjadi aman, tertib dan tentram, terbebas dari aksi premanisme sesuai dengan kondisi Sumbawa yang religi.

Untuk diketahui adapun mereka yang terjaring dalam operasi Bina Kusuma tersebut diantaranya bernisial DA (18) asal Kecamatan Sumbawa MH (22 asal Kecamatan Labuhan Badas. SB (27) asal Kecamatan Plampang dan Ds (23) asal Kecamatan Unter Iwes. Al (18) asal Kecamatan Empang dan SA (22) asal Kelurahan Seketeng Kecamatan Sumbawa. GS (22) asal Kelurahan Brang Biji dan DL (22) asal Kecamatan Moyo Hilir. Ys (22) asal Kecamatan Plampang, Sh (34) asal Kecamatan Maronge dan EY (19) warga Kecamatan Plampang.dan 3 wanita tanpa KTP Sumbawa. Mereka Nr (27), asal Kecamatan Gunung Labuhan, Propinsi Lampung, AM (24), asal Kecamatan Pademangan, Jakarta dan Lr (18), asal Kecamatan Aik Mel, Lotim. Operasi Bina Kusuma ini rencananya dilakukan siang malam, dan jika masyarakat yang melihat aksi yang menganggu ketertiban umum harap segera melaporkannya ke Mapolres Sumbawa untuk segera ditindaklanjuti.(JHS)