oleh

Perkuat Pengembangan Pariwisata. Pemerintah Susun Dokumen Induk

Ir. Junaidi, MSi. Kadisporabudpar
Ir. Junaidi, MSi.
Kadis Pemuda Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa-Tahun 2017 pemerintah akan menyusun dokumen induk pariwisata, pembuatan kelembagaan, pembentukan TP2D, serta mendorong terbentuknya GIPI (Gabungan Industri Pariwisata Indonesia) Cabang Sumbawa, termasuk membentuk dan melakukan pembinaan Kelompok Sadar Wisata (Pok darwis) yang diharapkan mampu menggerakkan keterlibatan masyarakat melalui kelompok.

Hal itu disampaikan Kadis Pemuda Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa, Ir. Junaidi, MSi.
Dikatakan, terkait pengembangan sektor pariwisata, sikap pemerintah akan lebih banyak sebagai fasilitator, sehingga dengan keterlibatan masyarakat disertai dengan adanya regulasi pengembangan pariwisata diharapkan sektor pariwisata di Kabupaten Sumbawa dapat berkembang lebih cepat.

Kaitan dengan data base sebagai faktor pendukung, kata H. Jun sapaan akrab figur yang murah senyum ini, bahwa pemerintah juga akan melakukan inventarisasi obyek-obyek wisata yang ada, termasuk menyusun data base tentang pemuda dan olah raga juga akan kami lakukan. Hal ini bertujuan agar program dan kegiatan yg dilaksanakan akan lebih kuat, termasuk pengembangannya juga tidak hanya bergantung kepada APBD murni kabupayen, tetapi diupayakan juga mendapat dukungan dari APBD provinsi dan APBN.

Baca juga:  130 atlet paralayang Beraksi di Bukit Labaong

“Melalui perencanaan yg baik termasuk dukungan dokumen-dokumen  yg dipersyaratkan dalam ketentuan yang berlaku yakni UU No 10 Tahun 2009, disana diisyaratkan memperkuat lampiran usulan kita ke pusat, dengan melibatkan semua unsur. karena sudah seharusnya seperti itu,harus banyak keterlibatan semu pihak,” ujar H Jun.

Ditambahkan, pemerintah dalam hal ini bertugas menjadi fasilitator dengan menyiapkan dokumen yang jelas serta regulasinya.

‘Harus ada jaminan kepastian baru investor mau datang untuk berinvestasi ke Kabupaten Sumbawa, inilah yang sedang kami upayakan,’ tandasnya. (KS/001)

iklan bkbpp

News Feed