Pergaulan Bebas: Penyebab, Akibat & Cara Mengatasinya

ilustrasi gambar pergaulan bebas
ilustrasi gambar pergaulan bebas

Pergaulan bebas adalah  salah satu bentuk perilaku menyimpang yang melewati batas kewajiban, tuntutan,aturan, syarat,dan perasaan malu. Pengertian pergaulan bebas di ambil dari kata Pergaulan  yang artinya proses interaksi antar individu atau individu dengan kelompok, sedang kata Bebas yang artinya terlepas dari kewajiban, aturan, tuntutan, norma agama, dan pancasila.

Pergaulan bebas menurut agama, pengertian pergaulan bebas menurut agama adalah proses dengan orang lain terlepas dari ikatan yang mengatur pergaulan. Pergaulan bebas tertuang dalam surah An-Nur ayat 30-31 bahwa hendaknya kita menjaga pandangan mata dalam bergaul.

Beberapa sebab remaja melakukan pergaulan bebas yaitu sikap mental yang tidak sehat, pelampiasan rasa kecewa terhadap keluarga yang tidak harmonis,  kegagalan remaja menyerap norma-norma agama dan norma-norma pancasila.

Ciri-Ciri pergaulan bebas dikalangan remaja yaitu:

  1. Terjerat dalam pesta hura-hura.
  2. Mabuk-mabukan dan menggunakan obat-obat terlarang (narkoba).
  3. Perilaku yang tidak baik.
  4. Menggunakan pakaian terbuka.

Faktor penyebab pergaulan bebas di kalangan remaja yaitu:

  1. Rendahnya taraf pendidikan keluarga, seperti keluarga yang mengizinkan sang anak berpacaran tanpa ada pengawasan yang menyebabkan anak terjerumus ke dalam pergaulan bebas.
  2. Orang tua yang kurang memperhatikan pergaulan anak, orang tua yang sibuk dengan pekerjaannya sehingga anak tidak bisa diperhatikan dengan maksimal.
  3. Kurang berhati-hati dalam berteman, contohnya teman menuntun kita kearah yang negative, terjadi karena berteman dengan orang yang tidak baik.
  4. Keadaan ekonomi keluarga, contohnya anak yang putus sekolah karena ekonomi keluarga yang rendah membuat perilaku sang anak  menjadi tambah parah.

Dampak dari pergaulan bebas memberikan pengaruh besar bagi diri sendiri, orang tua, dan negara. Seperti ketergantungan obat-obatan terlarang, menurunnya tingkat kesehatan, meningkatnya kriminalitas, meregangkan hubungan keluarga, meyebarkan penyakit, menurunnya prestasi belajar, berdosa.

Adapun cara mengatasi pergaulan bebas terhadap anak-anak yaitu:

  1. Memperbaiki cara pandang.
  2. Jujur pada diri sendiri.
  3. Menanamkan nilai ketimuran.
  4. Menjaga keseimbangan pola hidup.
  5. Banyak beraktivitas secara positif.
  6. Berpikir tentang masa depan.
  7. Mengurangi menonton tv yang mengandung unsur seksual dan kekerasan.
  8. Selalu membaca buku yang memberikan motivasi baik.
  9. Berkomunikasi dengan baik dengan orang
  10. Mengadakan sosialisasi tentang bahaya pergaulan bebas.
  11. Menegakkan aturan hukum.

Dengan cara-cara di atas diharapkan kepada orang tua, guru (pendidik),  pemerintah, mampu berkerja sama dalam mengurangi tingkat pergaulan bebas yang terjadi di tanah Sumbawa ini, agar anak-anak di tanah Sumbawa terbebas dari pergaulan bebas dan menjadi anak-anak yang berguna bagi bangsa dan negara.

News Feed