oleh

Mutasi Jilid II, Ratusan Pegawai Bergeser Posisi

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa—Mutasi yang selama beberapa pekan terakhir menjadi topik bahasan kalangan birokrat dan politisi, akhirnya terjawab sudah. Pada hari Rabu (28/12/2016) Bupati Sumbawa melakukan mutasi terhadap 805 pegawai di lingkup Pemerintah Kabupaten Sumbawa.

Dari 805 pejabat sturuktural yang dimutasi tersebut diantaranya, Eseleon II/a sebanyak 1 orang, Eseleon II/b 31 orang, Eselon III/a 62 orang kemudian Eseleon III/b sebanyak 104 orang dan Eselon IV/a sebanyak 510 orang. Dengan total seluruhnya sebanyak 805 pejabat struktural.

Pengukuhan para pejabat yang dimutasi tersebut dilaksanakan di halaman kantor Bupati Sumbawa, dimulai sekitar Pukul 13.00 Wita. Mutasi dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa, Anggota Forkompinda, Pimpinan dan Anggota DPRD Sumbawa, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta undangan lainnya.

Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril, BSc dalam sambutannya mengatakan, hari ini kita semua menjadi saksi digelarnya acara pelantikan dan pengambilan sumpah pejabat struktural yang terbesar sepanjang sejarah berdirinya Kabupaten Sumbawa. Karena pelantikan pejabat terbesar ini terjadi di era pemerintahannya.

Dikatakan, terhadap mutasi yang dilaksanakan ini jangan dianggap kepala daerah melakukan bongkar pasang pejabat. Sebab acara mutasi dan pengukuhan pejabat struktural ini merupakan amanat regulasi untuk mengisi perangkat daerah baru yang telah ditetapkan berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor. 12 Tahun 2016 tentang susunan dan kedudukan perangkat daerah Kabupaten Sumbawa. Acara ini juga menjadi bagian dari ikhtiarnya untuk meningkatkan akselerasi birokrasi dalam pencapaian target yang telah ditetapkan dalam dokumen perencanaan tahunan dan lima tahunan.

“Jujur saya sampaikan, ada yang memberi saya masukan agar pelantikan dan pengambilan sumpah pejabat struktural yang saya pimpin langsung cukup sebatas kepala perangkat daerah dan camat, kemudian pelantikan dan pengambilan sumpah pejabat struktural yang lain dilakukan oleh kepala perangkat daerah di kantornya masing-masing. Namun saya bersikeras dan tetap pada pendirian untuk melaksanakan acara ini secara tersentralisasi seperti yang kita gelar pada hari ini, “ujar Bupati Sumbawa.

Sebagai bupati, dirinya ingin memanfaatkan kesempatan langka ini untuk berbicara dihadapan seluruh pejabat struktural lingkup Pemerintah Kabupaten Sumbawa.

“Perlu Bapak, Ibu  dan hadirin ketahui, momentum ini tidak hanya saya maknai sebagai acara seremonial belaka, tetapi juga sebagai wahana konsolidasi guna menghadapi tahun anggaran 2017 yang akan kita jelang beberapa hari lagi,” tandasnya (KS/001)

iklan