Pemkab Sumbawa Gelar Acara Maulid Di Masjid Agung Nurul Huda

Date:

maulid nabi
Perayaan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1438 H/ 2016 M di Masjid Agung Nurul Huda Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa–Pemerintah Kabupaten Sumbawa merayakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1438 H/ 2016 M di Masjid Agung Nurul Huda Sumbawa pada Kamis (15/12/2016). Ratusan masyarakat di sekitar Kota Sumbawa turut memeriahkan perayaan tersebut. Hadir dalam kegiatan itu, Bupati Sumbawa H. M. Husni Djibril B.Sc, Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah, Pimpinan DPRD Kabupaten Sumbawa, Forkopimda, para pejabat lingkup Pemkab Sumbawa, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh wanita, serta undangan lainnya.

Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dibuka dengan pembacaan kalam Illahi oleh Ramadhani Hadi Akbar juga diisi dengan dakwah Islamiah oleh Abdul Halim Lubis S.Ag. Dijelaskan terkait perayaan Maulid yang tidak lebih dari cara umat Muslim mensyukuri nikmat yang diberikan Allah SWT, dan untuk meneladani apa yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Momentum Maulid ini juga dijadikan sebagai renungan bersama untuk membangkitkan serta membangun umat Islam serta menebarkan akhlak mulia. Dalam hidup, Nabi Muhammad mengajarkan umat Muslim untuk tidak dengki dan pelit, serta penyakit hati lainnya yang juga harus dihindari.

bupati sumbawa pada maulid
H. M. Husni Djibril B.Sc,
Bupati Sumbawa

Bupati Sumbawa H. M. Husni Djibril B.Sc dalam sambutannya menyampaikan, momentum peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan ini,  adalah wahana peningkatan iman dan taqwa kepada Allah SWT yang dapat memberi kekuatan untuk merenungkan kembali nilai-nilai kehidupan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW, yaitu meneladani sikap, prilaku dan budi pekerti beliau yang penuh keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT yang harus diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

‘’Nilai-nilai kebaikan yang diajarkan Rasulullah tidak eksklusif, melainkan inklusif. Hal ini nampak dari cara Rasulullah memanusiakan manusia. Rasulullah mengajarkan, perbedaan agama tidak menghalanginya untuk menghargai manusia sesuai dengan porsinya,’’ tutur Haji Husni – panggilan akrab Bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati mengajak seluruh umat Muslim agar menjadikan ajaran dan keteladanan Nabi Muhammad SAW sebagai acuan untuk lebih menggerakkan revolusi mental. Agar agenda-agenda pembangunan Pemerintah Kabupaten Sumbawa, dan segala amal shalih yang dilaksanakan, benar-benar membawa perubahan yang nyata dalam kehidupan masyarakat menuju Kabupaten Sumbawa yang hebat dan bermartabat. Karena disadari bahwa dinamika perubahan yang berkembang dalam proses pembangunan di daerah saat ini masih menyisakan beberapa permasalahan. Meskipun sederetan prestasi telah mampu diraih, namun harus realistis untuk mengakui bahwa tak selamanya perjalanan pembangunan yang telah dilaksanakan selama ini berlangsung dengan begitu mudah. Butuh semangat pengabdian, dan kerja keras. Untuk itu mari bersama-sama meningkatkan semangat dan motivasi untuk terus bekerja keras dan berkarya sesuai dengan tugas dan profesi kita masing-masing.

Bupati juga mengajak masyarakat Muslim di Tana Samawa untuk melaksanakan shalat fardhu di awal waktu yang di mulai dengan gerakan shalat subuh berjamaah di Mushollah atau Masjid-Masjid di lingkungan tempat tinggal masing-masing. ‘’Dengan membiasakan shalat subuh berjamaah ini, Insya Allah pada shalat fardhu lainnya kita akan terbiasa untuk melakukan shalat berjamaah. Momen peringatan Maulid Nabi ini menjadi saat yang tepat bagi kita umat Islam untuk meningkatkan kualitas ibadah kita kepada Allah SWT,’’ pungkasnya.

Diakhir kegiatan, panitia pelaksana membagi-bagikan malai dan jajan kotak kepada para peserta Maulid yang hadir. Sehingga menambah kemeriahan pelaksanaan Maulid Nabi Muhammad SAW 1438 H/ 2016 M. (KS/001)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan caleg iklan caleg

Populer

More like this
Related

Personil Polsek dan Bhayangkari KPL Tano Berbagi Takjil di Pelabuhan

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com - Personil Polsek dan Bhayangkari KPL...

Sat Lantas Polres Sumbawa Bagikan Takjil pada Pengendara

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres...

Sambut Ramadan, Kapolres Sumbawa Bersama Anggota Lakukan Wisata Rohani

Sumbawa Besar-NTB, Pelaksanaan apel pagi Personel Polres Sumbawa pagi...

Sambut Ramadan, Persit Kodim 1607/Sumbawa Berbagi Pada Masyarakat, Warakawuri dan Veteran

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Persatuan Istri Tentara Angkatan Darat...