oleh

Tingkatkan Iman dan Taqwa Melalui Gerakan Sholat Subuh Berjamaah di Masjid

Sumbawa, Kabar Sumbawa – Peningkatan keimanan dan ketaqwaan merupakan salah satu modal dasar menuju masyarakat yang hebat dan bermartabat. Dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Bupati Sumbawa H. M. Husni Djibril, BSc mengeluarkan surat edaran tertanggal 30 November 2016 tentang himbauan Pelaksanaan Sholat Subuh Berjama’ah di Masjid. Maksud surat edaran ini selain untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, juga lebih mempererat silaturrahmi melalui sholat subuh berjama’ah, serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa melalui peningkatan kerukunan umat beragama.
Pencanangan Gerakan Sholat Shubuh Berjamaah di Mesjid, dilaunching oleh Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah di Mesjid Agung Nurul Huda bertepatan dengan Aksi Damai Bela Islam di Kabupaten Sumbawa yang dikemas dengan “Sumbawa Berdzikir”.
Wabup Mahmud Abdullah menyampaikan bahwa himbauan ini adalah untuk meningkatkan kebiasaan beribadah yang memang selama ini dilaksanakan oleh sebagian masyarakat yang tinggal di sekitar mesjid. Wabup menjelaskan betapa sangat bermanfaatnya Sholah Subuh Berjamaah di Mesjid. “Selain untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Swt, juga memperkuat ukhuwah, berolahraga pagi serta lebih siap untuk beraktivitas”. Sehingga diharapkan dengan semakin banyaknya ummat muslim yang mengikuti sholat subuh berjamaah di medjid maupun mushollah masing-masinng insyaAllah akan memperkuat tatanan social budaya maupun ekonomi masyarakat Sumbawa yang hebat dan bermartabat. Mari kita mulai dari hal yang sederhana dulu yaitu dengan sholat subuh berjamaah di mesjid, dan juga sholat-sholat fardhu lainnya juga diupayakan sholat berjamaah di mesjid, demikian harapan Wakil Bupati Sumbawa.
Gerakan Sholat Subuh Berjamaah yang dilaunching di Acara Sumbawa Berdzikir 212 ini, telah diaktualisasikan secara bersama-sama dengan seluruh jajaran SKPD dan FKPD dan masyarakat di Masjid Agung Nurul Huda Sumbawa Besar, Sabtu (3/12). Kedepannya direncanakan akan selalu dilaksanakan sholat subuh berjamaah seluruh jajaran SKPD dan FKPD secara rutin tiap Sabtu pagi Minggu Pertama dan Minggu Ketiga tiap bulannya. Selanjutnya sebagai sebuah gerakan ibadah dan pembangunan perilaku ummat yang hebat dan bermartabat, masing-masing Kecamatan juga akan menggalakkan syiar sholat subuh berjamaah di mesjid yang akan dilounching di Kecamatan masing-masing.

Baca juga:  Tenaga Konstruksi Didorong Berlabel SNI