oleh

Operasi Zebra Berakhir, Polres KSB Jaring 867 Pelanggar

kapolres-ksb-andy-hermawan
AKBP Andy Hermawan S.Ik
Kapolres Sumbawa Barat

Sumbawa Barat, Kabar Sumbawa – Selama Operasi Zebra Gatharin 2016 digelar, 867 pelanggar lalu lintas dijaring petugas Polres Sumbawa Barat. Para pelanggar yang terjaring kebanyakan pengendara sepeda motor. Sedangkan kategori pelanggarannya, tilang sebanyak 790 dan teguran sebanyak 77.

Kapolres Sumbawa Barat, Andy Hermawan, SIk melalui Kasubbag Humas Polres Sumbawa Barat, Iptu. Ade Jaya kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (1/12) mengatakan, selama 16 hari operasi berlangsung, pihaknya berhasil menjaring 867 pelanggar. Bahkan, jumlah tersebut menurun dari tahun 2015 lalu yang mencapai 1063 pelanggaran.

“Dari data yang ada, alhamdulillah pelanggarannya menurun. Ini artinya kesadaran masyarakat dalam tertib berlalu lintas sudah tinggi” Ujarnya.

Baca juga:  Inspektorat Temukan Data Honorer k2 Rekayasa

Operasi Zebra, lanjutnya, tidak bertujuan mencari-cari kesalahan pengendara. Tetapi, agar para pengendara tidak lalai dalam berlalu lintas.

“Mudah-mudahan kedepannya, pengendara tidak lalai. Karena operasi ini tidak mencari-cari kesalahan, tetapi mengingatkan agar tertib berlalu lintas” ungkapnya.

Dari ke 867 pelanggar yang terjaring, 276 diantaranya pelanggaran tidak menggunakan helm, 325 pelanggaran surat-surat kendaraan dan 34 kelengkapan kendaraan. Sedangkan barang bukti yang disita yaknj SIM sebanyak 246, STNK 455 dan 89 kendaraan.

“Mudah-mudahan operasi zebra tahun depan, kesadaran masyarakat dalam tertib berlalu lintas lebih tinggi lagi dan pelanggarannya menurun” harapnya (KS04)

ksbksb ksbksb