by

Sumbawa Fokus Kelola Sumber Daya Kelautan Dan Perikanan Berkelanjutan

Hari Ikan NasionalSumbawa Besar, Kabar Sumbawa – Hari Ikan Nasional (Harkannas) yang ditetapkan melalui Surat Keputusan Presiden Nomor 3 Tahun 2014 tentang Hari Ikan Nasional, diperingati setiap 21 November. Peringatan Harkannas ke-3 Tahun 2016 ini selain menjadi sebuah perayaan nasional, juga menjadi momentum bagi Bangsa Indonesia  untuk mengingat dan melihat kembali kelautan dan perikanan sebagai tumpuan dan harapan pembangunan nasional. Terhadap hal itu, Pemerintah Kabupaten Sumbawa dalam hal ini Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbawa merayakan Harkannas yang dipusatkan di Taman Mangga, Selasa (29/11/2016).

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumbawa Ir. Dirmawan menyampaikan, tema utama peringatan Harkannas kali ini difokuskan pada pengelolaan sumberdaya kelautan  dan perikanan yang berkelanjutan. Latar belakang dari kegiatan ini dalam rangka mendorong peningkatan konsumsi ikan masyarakat Kabupaten Sumbawa dan mengkampanyekan tentang gerakan memasyarakatkan makan ikan (gemarikan), diperlukan upaya peningkatan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mengkonsumsi ikan untuk kesehatan dan meningkatkan kecerdasan anak sebagai generasi penerus bangsa. ‘’Pada dasarnya peran ikan dalam mewujudkan ketahanan nasional sangatlah luas dan penting,’’ ujarnya.

Diungkapkannya, produksi ikan di Kabupaten Sumbawa pada Tahun 2015 mencapai 736.127,25 ton, yang berasal dari usaha penangkapan 52.234,29 ton, dan budidaya perikanan 683.892,96 ton. Jika dibandingkan dengan jumlah penduduk tahun 2015, maka tingkat konsumsi ikan daerah mencapai 44,95 kg/kapita/tahun, tingkat konsumsi ikan Propinsi pada tahun 2015 sebesar 29,66 kg/perkapita/tahun, dan secara nasional baru mencapai 33,89 kg/kapita/tahun. Artinya, konsumsi ikan masyarakat di Kabupaten Sumbawa berada di atas rata-rata Provinsi maupun Nasional.

‘’Capaian konsumsi ikan secara kabupaten tidak merata pada setiap Kecamatan dan desa, hal inilah yang harus kita sosialisasikan khususnya pada kecamatan-kecamatan atau desa-desa daratan yang masih kesulitan untuk mendapatkan ikan dan produk ikan, sehingga manfaat ikan dan konsumsi ikan di daerah-daerah tersebut dapat sesuai dengan standar nasional konsumsi ikan sebesar 36 per kapita pertahun,’’ kata Dirmawan.

H. M. Husni Djibril BS.c

Bupati Sumbawa H.M. Husni Djibril BS.c dalam sambutannya menjelaskan kondisi Kabupaten Sumbawa secara umum, seperti luas perairan pantai, juga jumlah pulau-pulau kecil yang mencapai 63 buah, dimana 6 diantaranya berpenghuni, dan sebagian besar berada di perairan Teluk Saleh atau laut flores. ‘’Ini menunjukkan bahwa sesungguhnnya kita memiliki potensi perikanan yang sangat besar untuk dikelola, baik usaha penangkapan maupun budidaya, hanya saja permasalahannya adalah tingkat pemanfaatan potensi tersebut hingga saat ini belum optimal hal ini disebabkan keterbatasan kemampuan keuangan daerah dalam meningkatkan sarana dan prasarana perikanan serta masih rendahnya ketrampilan dan juga peralatan yang dimiliki masyarakat pesisir,’’ kata Bupati.

Dengan telah ditetapkan tanggal 21 Nopember sebagai Hari Ikan Nasional (Harkanas), diharapkan dapat membangun komitmen bersama untuk memajukan dunia perikanan dan juga merupakan salah satu wujud gerakan masyarakat makan ikan dalam rangka terus mendorong peningkatan konsumsi ikan oleh masyarakat. Melalui peringatan ini Bupati berharap bisa membuka pandangan masyarakat terhadap komoditas ikan, bahwa ikan merupakan sumber makanan yang bergizi tinggi, dapat dibudidayakan dengan cara budidaya ikan yang baik dan dapat diolah menjadi berbagai bahan olahan seperti baso, nugget, abon, dan macam-macam camilan serta diolah secara utuh. Dan yang penting harganya terjangkau. Melalui berbagai inovasi menu masakan hasil laut diharapkan tumbuh berbagai inovasi teknik pengolahan hasil laut yang menarik enak dan gampang dilakukan oleh masyarakat sehingga minat masyarakat untuk mengkonsumsi hasil laut semakin meningkat, yang pada giliranya akan menggerakan perekonomian  khususnya di tingkat pembudidaya ikan dan masyarakat nelayan.  

‘’Mari kita didik dan mempersiapkan anak-anak kita, generasi muda kita agar membiasakan diri untuk banyak mengkonsumsi/makan ikan. Hal ini yang perlu mendapat perhatian kita bahwa memakan/mengkonsumsi ikan yang cukup dan seimbang akan menunjang peningkatan kesehatan dan kecerdasan anak/generasi muda kita,’’  ajak Bupati.

Diakhir acara, Bupati Sumbawa H. M. Husni Djibril bersama, Dandim 1607 Sumbawa, sejumlah Kepala Dinas/Badan melakukan peninjauan terhadap stan bazar ikan segar dan olahan hasil perikanan yang ada di lokasi Taman Mangga. Bahkan hampir semua pejabat yang hadir membeli ikan dari para pedagang yang berjualan. (KS/001)