oleh

Gerak Jalan Budaya Semarakkan, Peringatan Hari PGRI Dan Hari Guru Nasional

Gerak Jalan Budaya Peringatan Hari PGRI Dan Hari Guru Nasional

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa – Dalam rangka memperingati hari Guru Nasional dan Hari PGRI Tahun 2016, Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Sumbawa menggelar Gerak Jalan Budaya pada Senin (28/11/2016).

 Asisten Pemerintahan Sekda Kabupaten Sumbawa Dr. H. M. Ikhsan M.Pd yang melepas peserta gerak jalan dari Lapangan Pahlawan Sumbawa mengatakan, “tidak ada satupun orang sukses di dunia ini yang lepas dari sentuhan guru. Sebagai teladan, seorang guru rela berkorban agar muridnya menjadi orang yang sukses, bahkan ia ikhlas menjadikannya lebih sukses daripada anaknya sendiri. Guru adalah panggilan jiwa untuk membantu menyalakan pelita pengetahuan dan kebajikan di dalam diri setiap anak bangsa. Sebagai sebuah profesi yang menciptakan masa depan melalui karakter dan keterampilan generasi penerus bangsa, peran guru sangat strategis di dalam pembangunan nasional. Guru mengemban misi sebagai agen perubahan karakter bangsa,” ungkapnya.

iklan kampanye

Dikatakan, pemerintah berupaya terus mendorong peran guru menjadi aktor strategis pendidikan nasional. Beragam penguatan kapasitas dan kompetensi dilakukan untuk menghadirkan guru yang mampu membimbing anak-anak bangsa menjadi generasi yang mampu bersaing di abad 21. “Untuk mewujudkan masyarakat Sumbawa yang hebat dan bermartabat, dibutuhkan guru yang hebat pula yang sehat secara jasmani maupun rohani. Karenanya pelaksanaan kegiatan lomba gerak jalan ini juga terkait dengan pembentukan karakter para guru.

 Menurutnya, ada dua jenis nilai karakter yang ada dan jelas terlihat dalam aktivitas olahraga yaitu nilai sosial dan moral. Nilai sosial meliputi loyalitas, dedikasi, pengorbanan, dan kerja tim. Sementara nilai-nilai moral meliputi kejujuran, keadilan, dan tanggung jawab. Dengan nilai-nilai tersebut diharapkan para guru akan memiliki semangat membentuk anak didik yang mampu menjadi generasi penerus bangsa yang bisa diandalkan di masa yang akan datang. Karena bangsa yang berkualitas memerlukan pendidikan yang berkualitas dan pendidikan yang berkualitas membutuhkan guru yang berkualitas. Maka dengan sentuhan guru yang berkualitas yaitu guru yang profesional dan berkarakter, anak-anak akan menerima proses pembelajaran yang mendidik dan bermutu”, harap Asisten I Sekda Kabupaten Sumbawa.

Kegiatan gerak jalan yang diikuti oleh para guru se-Kabupaten Sumbawa tersebut semakin unik, karena para peserta mengenakan pakaian adat khas Sumbawa. Gerak jalan melewati rute Lapangan Pahlawan, Jalan Kartini, Jalan Hasanuddin, Jalan Garuda, Jalan Kebayan, Jalan manggis, Jalan Setia Budi, dan finish di Lapangan Pahlawan Sumbawa Besar. (KS/001)

Baca juga:  Tahun 2019, Sembilan Puskesmas Diupayakan Terakreditasi