by

Merantok 1001 Deneng Akan Meriahkan HUT Kecamatan Maronge

camat-maronge
Lukman Ar S.Sos
Camat Maronge

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa – Prosesi acara Hari Ulang Tahun Kecamatan Maronge yang akan berlangsung pada Kamis (15/12/16) mendatang, akan dimeriahkan sebanyak 1001 Deneng (alat penumbuk padi tradisional) yang di pukul ke rantok. 1001 Deneng tersebut akan dimainkan secara bersama oleh masyarakat dari empat desa yang ada di Kecamatan Maronge sebagai pertanda pembukaan Acara Hut Kecamatan Maronge ke 1001.

Camat Maronge Lukman Ar S.Sos yang di konfirmasi Kamis (24/11/16) lalu mengatakan, pada perayaan HUT Kecamatan Maronge, pihak panitia mengambil konsep kebudayaan serta tradisi yang ada dimasyarakat sumbawa sejak dahulu kala, seperti prosesi pemukulan deneng secara massal, dimana deneng melambangkan kesuburan dari masyarakat tani yang ada di desa setempat, bukan itu saja, alat penumbuk padi tersebut kini digunakan pada acara penerimaan prosesi nyorong juga untuk menyambut tamu.

Baca juga:  Peduli Lingkungan Sekolah, SIT Sumbawa Cendikia Tanam Seribu Pohon

Lanjutnya, selain prosesi pemukulan Deneng massal, panitia juga telah menyiapkan berbagai agenda yang berbau kebudayaan lainnya selama delapan hari seperti, acara Sakeco, Ratib, serta berbagai perlombaan lainnya.panitia juga telah menyuguhkan berbagai penganan lokal yang terbuat dari hasil kebun dan pertanian masyarakat setempat,” yang jelas nantinya acara tersebut selain menampilkan atraksi kebudayaan Sumbawa, namun juga kuliner sumbawa “ katanya.

Acara yang rencananya akan dibuka langsung oleh Bupati Sumbawa H.M.Husni Djibril B.sc tersebut, juga dirangkaikan dengan tinjauan lokasi sumber mata air panas yang sekarang sedang booming dikunjungi banyak orang sebagai tempat penyembuhan berbagai jenis penyakit. Demikian juga panitia telah menyiapkan undangan sebayak dua ribu dua ratus undangan termasuk mengundang para investor yang bergerak dibidang pariwisata  yang nanti akan melihat secara langsung tradisi, budaya serta potensi pariwisata yang ada di Kecamatan Maronge.” Mudah-mudahan acara ini berjalan lancar serta membawa manfaat yang baik kedepan bagi masyarakat” pintanya.(KS/Evy)