oleh

PAD Menurun, Dewan Agendakan Rapat Khusus

Lalu Budi
L Budi Suryata, SP
Ketua DPRD Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa—DPRD Sumbawa menyikapi serius terhadap menurunnya jumlah Pendapatan Asli Daerah (PAD), Terkait hal itu DPRD Sumbawa segera mengagendakan rapat khusus dengan mengundang berbagai SKPD terkait, untuk mengetahui tentang sumber-sumber PAD, demi optimalisasi Pendapatan Asli Daerah.

Ketua DPRD Sumbawa, Lalu Budi Suryata, SP di ruang kerjanya, Selasa, (8/11/2016) mengatakan, PAD Kabupaten Sumbawa menurun secara signifikan, pihaknya meminta kepada Pemda Sumbawa untuk lebih serius menanggani hal ini.

“Kami akan mengagendakan rapat khusus dengan eksekutif untuk menggali potensi PAD, serta menanyakan mengapa kondisi PAD kian menurun. Dari rapat tersebut tentunya akan diperoleh berbagai solusi dan jalan keluarnya,” ujar Budi sapaan akrab Ketua DPRD Sumbawa.

Baca juga:  Dinas Pertanian Tetap Pantau Ancaman Puso

Selain itu, kata Budi pihaknya juga menanyakan terkait alokasi  dana DAK bidang pertanian. Karena Kabupaten Sumbawa merupakan daerah penyangga beras nasional, pertanyaan besarnya mengapa sebagai daerah penyangga beras nasional tidak mendapatkan DAK bidang pertanian.

“Ditambah lagi dengan adanya Program Upsus Jagung, Sumbawa merupakan area terluas di NTB untuk program tersebut, namun  kenapa tidak memiliki dana DAK, Karena itu kami meminta untuk dilakukan rapat khusus, untuk menggali potensi sumebr pendapatan daerah, termasuk dari sektor pajak dan retribusi,” tandasnya. Pihaknya juga meminta kepada pemerintah daerah untuk melakukan penganggaran terkait pembangunan jembatan timbang, agar sumber-sumber PAD tersebut dapat lebih optimal pengelolaannya. (KS/001)

Baca juga:  Inspektorat Sumbawa Tekan Potensi Penyimpangan Dana Covid-19