oleh

Bupati Harapkan Komitmen AMNT Untuk Kelola Batu Hijau Lebih Baik Dari NNT

bupati KSB
DR. H. W.Musyafirin
Bupati Sumbawa Barat

Sumbawa Barat, Kabar Sumbawa – Peralihan Operator Tambang baru dari PTNNT ke PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) akhirnya selesai. Untuk itu, Pemkab Sumbawa Barat, meminta PTAMNT untuk memegang komitmen seperti yang pernah di utarakan sebelum pengakuisisian PTNNT beberapa waktu l;alu, yakni operator baru menjamin bahwa Tambang Batu Hijau akan dikelola lebih baik.

“Saya pikir mereka optimis berkomitmen, supaya operasional di bawah operator baru ini menjamin pengelolaan tambang Batu Hijauy akan lebih baik daripada operator sebelumnya” Ujar Bupati Sumbawa H.W. Musafirin MM kepada Media, Jum`at (4/11).

Pemda sendiri sebut bupati, sudah meminta komitmen tersebut sejak sebelum penandatanganan salah satu transaksi structured finance terbesar di Asia Tenggara tahun ini itu terjadi.

Mengenai apa yang akan diberikan PTAMNT kepada Pemkab Sumbawa Barat, iua mengatakan belum sampai ke ranah itu. namun yang jelas, tentu kalau sudah meyatakan komitmen akan melaksanakan operasional lebih baik dari sebelumnya, maka tentu imbasnya kepada kabupaten penghasil juga akan lebih baik.

Baca juga:  Sambut Pilkades Serentak, Pemkab Sumbawa Gelar Rapat Pemantapan

“Berprasangka baik dulu. Secara teknisnya belum kita bicarakan.“ Jelasnya.

Terkait Perubahan operator tambung baru terhadap keamanan jaminan dalam berinvetasi di Sumbawa Barat, menurutnya itu sudah menjadi kewajiban Pemerintah Daerah, bagaimana mempertahankan dan menjaga kondisifitas daerah, sehingga tidak saja tambangnya yang kondusif, tapi semua sektor investasi lainnya juga.

“Ini kita pastikan dengan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan jaminan rasa nyaman dalam berinvestasi di KSB. “ terangnya.

Khusus untuk operator tambang yang lama yakni PTNNT dan termasuk juga dengan pemegang saham sebelumnya, Pemkab sudah melayangkan surat sekitar satu atau dua bulan yang lalu.

“Kita minta bukan saja kepada apresiasi yang diberikan kepada karyawan, tetapi juga kepada kabupaten penghasil.” Kata bupati.

Baca juga:  Pemukulan Gong dan Begenang Ramai, Buka Festival MU 2

Mengenai masalah internal, pemda kata bupati, secara teknis tidak terlibat dan juga tidak mau melibatkan diri. Namun tetap berharap semua keputusan teknis dan keputusan operasional operator tambang baru, bisa memberikan imbas yang baik terhadap kemajuan dan kesejahteraan masayarakat.

“Yang penting bisa di rasakan langsung oleh masyarakat.” Tukasnya seraya menegaskan sekali lagi bahwa Pemkab tetap memegang komitmen operator tambang  baru yang menjamin pengelolaan Tambang Batu Hijau akan lebih baik dari sebelumnya. (KS04)