ABK Kapal Dapat Penyuluhan Keselamatan Berlayar

Date:

penyuluhan-abkSumbawa Besar, Kabar Sumbawa–Dalam rangka meningkatkan keselamatan di bidang transportasi, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Kabupaten Sumbawa menggelar penyuluhan tentang alat–alat keselamatan bagi ABK Pelayaran Kapal di aula Kantor Dishubkominfo Kabupaten Sumbawa, Kamis (3/11/2016).

Mewakili Bupati Sumbawa, Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Lalu Suharmaji K, ST,MT menyampaikan bahwa fungsi utama kapal atau perahu adalah sebagai alat transportasi. Sarana transportasi dengan menggunakan kapal merupakan alat transportasi yang sangat murah dibandingkan sarana transportasi yang lain. Mengingat sebagian besar wilayah Indonesia merupakan laut dengan luas perairan 5,8 juta km persegi dan lebih kurang 17.000 pulau maka dapat diartikan bahwa laut merupakan sumber daya alam yang sangat potensial. Laut adalah sarana transportasi yang sudah disediakan oleh alam. Manusia tinggal membuat dermaga di pelabuhan-pelabuhan. Dibandingkan dengan membuat jalan raya maka laut merupakan prasarana transportasi yang tidak memerlukan biaya. Daya angkut kapal pun sangat besar sekali.
penyluhan-abk
Dikatakan, apabila dibandingkan dengan pesawat terbang kata Lalu Suharmaji, kapal masih kalah cepat, tetapi daya angkut pesawat terbang masih sedikit dibandingkan dengan kapal laut. Disamping itu selain sebagai sarana transportasi, beberapa fungsi kapal lainnya adalah sebagai kapal penangkap ikan atau kapal pukat, kapal dagang, kapal barang, kapal perang, kapal ekspedisi untuk penelitian dan lain sebagainya. Agar kapal sebagai transportasi laut dapat menjadi transportasi pilihan masyarakat banyak tentu faktor keselamatan harus menjadi perhatian utama yaitu dengan memenuhi standar keselamatan pelayaran. Keselamatan pelayaran merupakan faktor penunjang untuk kelancaran transportasi laut dan mencegah terjadinya kecelakaan.

Baca juga:  Peringati Malam Nuzulul Quran, Bupati Ajak Ciptakan Masjid Ramah Anak

Pada kesempatan ini juga disampaikan terima kasih kepada Politeknik Ilmu Pelayaran Makasar atas peran sertanya ikut memajukan dunia pelayaran di Kabupaten Sumbawa dengan memberikan penyuluhan alat-alat keselamatan bagi ABK pelayaran rakyat. Harapannya, ABK pelayaran rakyat semakin memahami akan pentingnya fungsi alat-alat keselamatan transportasi laut. Karena sarana dan prasarana transportasi harus selalu memerhatikan aspek keselamatan. Harapannya juga agar para peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk menambah wawasan pengetahuan terkait dengan keselamatan pelayaran sehingga nantinya dapat diaplikasikan dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat banyak. (KS/001)

Baca juga:  Ini Alasan Satpol PP Tertibkan Badut di Lampu Merah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan caleg iklan caleg

Populer

More like this
Related

THR ASN Pemkab Sumbawa Sudah Bisa Dicairkan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup...

Kapolsek Rhee Dan Plampang Berganti

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com -  Kepolisian Resor Sumbawa menggelar Upacara...

Peringati Malam Nuzulul Quran, Bupati Ajak Ciptakan Masjid Ramah Anak

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa memperingati malam...

Bupati Instruksikan Segera Tangani Jalan dan Drainase Pasca Musim Hujan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud...