oleh

Paripurna RPJMD, Bupati Apresiasi Berbagai Masukan Fraksi

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa—Bupati Sumbawa menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dan apresiasi berbagai fraksi di DPRD Sumbawa. terhadap berbagai langkah konkrit yang telah diambil pemerintah daerah terhadap perubahan RPJMD Kabupaten Sumbawa Tahun 2016-2021, sebagai respon atas telah terjadinya perubahan kebijakan nasional yang sangat berpengaruh terhadap perjalanan roda pemerintahan dan pembangunan daerah.

Terhadap tanggapan Fraksi PDI Perjuangan  yang menyampaikan harapan akan pentingnya perubahan rasionalitas target capaian indikator kinerja daerah yang lebih baik dari tahun sebelumnya, sebagaimana yang tertuang dalam ketentuan lampiran bab IX dari rancangan Perda Perubahan RPJMD ini, telah dilakukan pembahasan yang intensif dengan perangkat daerah sebagai penanggungjawab pencapaian masing-masing indikator kinerja daerah yang merupakan gambaran dari perwujudan visi dan misi pembangunan daerah dalam kurun waktu lima tahun ke depan. oleh karena itu, penetapan target indikator kinerja daerah tersebut merupakan hasil dari analisis dan bagian yang tidak terpisahkan dari rumusan tujuan, sasaran, strategi dan arah kebijakan, serta indikasi program prioritas dan kebutuhan pendanaan yang tertuang di dalam ketentuan bab-bab sebelumnya.

Baca juga:  Ketua DPRD Sumbawa Dorong OPD Tingkatkan Pelayanan Publik

Dalam rangka pencapaian target indikator yang telah ditetapkan tersebut, pemerintah daerah akan melakukan koordinasi yang intensif dalam menjabarkan program prioritas pembangunan daerah ke dalam berbagai kegiatan prioritas di dalam renstra perangkat daerah. sehingga target capaian pembangunan dapat dilaksanakan secara terarah dan maksimal. terhadap harapan agar fokus program rpjmd diarahkan pada persoalan pengurangan angka kemiskinan, peningkatan lapangan pekerjaan, dan pencapaian produksi di bidang pertanian, serta pembangunan infrastruktur, telah menjadi bagian dari indikator kinerja program yang harus dicapai sebagaimana tertuang dalam ketentuan Bab VIII Raperda perubahan RPJMD ini.

Demikian pula terhadap dukungan atas kebijakan strategis yang berimplikasi terhadap peningkatan pendapatan asli daerah, pemerintah daerah melalui dukungan semua pihak tetap berkomitmen untuk berupaya mengoptimalkan potensi-potensi unggulan daerah dalam rangka meningkatkan pendapatan asli daerah, sebagai bagian dari upaya mewujudkan kabupaten sumbawa yang mandiri secara ekonomi.

Selanjutnya jawaban terhadap pemandangan umum fraksi Partai Golkar, yang pada prinsipnya memberikan penekanan terhadap keselarasan antara indikator-indikator kinerja yang termuat didalam rancangan perubahanrpjmd dikaitkan dengan adanya perubahan perangkat daerah yang akan menjadi pelaksana dan penaggungjawab terhadap program-program pembangunan yang direncanakan, melaluikesempatan ini kami sampaikan bahwa substansi dari perubahan peraturan daerah ini justru memang terletak pada upaya penyelarasan tersebut. demikian pula dengan harapan untuk peningkatan disiplin aparatur sipil negara, adalah prasyarat utama dalam rangka mewujudkan target-target didalam rencana pembangunan jangka menengah tersebut.

Baca juga:  Disuntik Vaksin, Kajari Sumbawa : Saya Bahagia

atas semua saran dan pendapat yang telah disampaikan oleh Fraksi Partai Golkar, kami sampaikan terima kasih.

Jawaban terhadap pemandangan umum Fraksi Partai Hanura, harapan Fraksi Partai Hanura terhadap pentingnya peningkatan kinerja pemerintah daerah dengan adanya penambahan terhadap indikator sasaran serta beberapa program prioritas didalam rancangan perubahan rpjmd ini merupakan harapan kita bersama. tentu saja dalam implementasinya pemerintah daerah perlu berupaya maksimal secara terintegrasi dan komprehensif sehingga target-target dari setiap indikator kinerja dapat terwujud.

Atas semua saran dan pendapat yang telah disampaikan oleh seluruh fraksi, bupati menyampaikan terima kasih, masukn tersebut akan menjadi  pertimbangan dalam rangka mendukung percepatan pembangunan di Kabupaten Sumbawa. (KS/001)

Komentar