Setengah Milyar Untuk Sukseskan Pilkades KSB

Date:

pilkades-serentak
Ilustrasi Gambar Pilkades Serentak Kabupaten Sumbawa Barat

Sumbawa Barat, Kabar Sumbawa – Demi mensukseskan dan melancarkan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di 16 Desa yang akan serentak dilaksanakan pada 6 November mendatang, Pemkab Sumbawa Barat menggelontorkan dana sebesar Rp.560 juta. Dimana dana tersebut berasal dari dana Bantuan Sosial (Bansos).

“Hampir semua Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) telah mengakses dana tersebut sesuai besaran yang di ajukan dan tertuang dalam proposal biayaan terperinci dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB),” ungkap Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD), Agus Sukurdin BA kepada wartawan, Selasa (25/10)

Kepala Bidang Pemerintahan Desa BPMPD Kabupaten Sumbawa Barat, Agus Sukurdin
Kepala Bidang Pemerintahan Desa BPMPD Kabupaten Sumbawa Barat, Agus Sukurdin

Agus mengatakan, BPMPD telah menyampaikan kepada PPKD di 16 Desa agar rapi dalam mencatat anggaran belanja yang di buktikan melalui kwitansi dan fisik terhadap barang yang di belanjakan itu.

Baca juga:  Bupati Instruksikan Segera Tangani Jalan dan Drainase Pasca Musim Hujan

“Karena nanti ketika semua proses Pilkades ini selesai, Pemkab akan memeriksa laporan pertanggung jawaban kegiatan hingga pada penggunaan anggaran.” Ujar Mantan Lurah Menala ini.

Selain itu, lanjutnya, untuk pemeriksaan secara total, DPPKD dan juga inspektorat akan dilibatkan untuk memeriksa laporan pertanggung jawaban tersebut.

“Sekali lagi, laporan keuangan sangat di tekankan. Sebab, penggunaan dana tersebut harus ada pelaporan tertulis,” tegasnya.

Dari hasil pantauannya terhadap personal yang menjadi panitia Pilkades di masing-masing 16 desa tersebut, ia mengungkapkan, mereka merupakan orang-orang yang berkualitas yang paham akan mekanisme Pilkades hingga kematanganya dalam menulis laporan. Terlebih, sengaja di pasang oleh desa untuk menyukseskan pesta lima tahunan tingkat Desa itu.

Baca juga:  RAPAT AKSI #1 : Analisis Percepatan Penurunan Stunting dan Penentuan Lokus Tahun 2025

Mengenai nominal besaran anggaran yang di ajukan oleh desa, ia mengatakan jumlahnya bervariasi. Dari Rp.30 juta hingga mencapai Rp.45 juta. Namun, dari proposal-proposal yang di sampaikan oleh PPKD, dari hasil telaahnya masih ada sedikit kekurangan. Yakni pada biaya anggaran makan dan minum KPPS di hari perhitungan suara.

“Untuk hal ini, kita anjurkan ada bantuan dari APBDes yang sekiranya dapat dibantu untuk di anggarkan,” katanya. (KS04)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan caleg iklan caleg

Populer

More like this
Related

KEMENKUMHAM NTB Terima Hibah Lahan dari Pemda KSB

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com - Bertempat di Graha Fitrah Kemuter...

THR ASN Pemkab Sumbawa Sudah Bisa Dicairkan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup...

Kapolsek Rhee Dan Plampang Berganti

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com -  Kepolisian Resor Sumbawa menggelar Upacara...

Peringati Malam Nuzulul Quran, Bupati Ajak Ciptakan Masjid Ramah Anak

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa memperingati malam...