oleh

Setengah Milyar Untuk Sukseskan Pilkades KSB

pilkades-serentak
Ilustrasi Gambar Pilkades Serentak Kabupaten Sumbawa Barat

Sumbawa Barat, Kabar Sumbawa – Demi mensukseskan dan melancarkan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di 16 Desa yang akan serentak dilaksanakan pada 6 November mendatang, Pemkab Sumbawa Barat menggelontorkan dana sebesar Rp.560 juta. Dimana dana tersebut berasal dari dana Bantuan Sosial (Bansos).

“Hampir semua Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) telah mengakses dana tersebut sesuai besaran yang di ajukan dan tertuang dalam proposal biayaan terperinci dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB),” ungkap Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD), Agus Sukurdin BA kepada wartawan, Selasa (25/10)

Kepala Bidang Pemerintahan Desa BPMPD Kabupaten Sumbawa Barat, Agus Sukurdin
Kepala Bidang Pemerintahan Desa BPMPD Kabupaten Sumbawa Barat, Agus Sukurdin

Agus mengatakan, BPMPD telah menyampaikan kepada PPKD di 16 Desa agar rapi dalam mencatat anggaran belanja yang di buktikan melalui kwitansi dan fisik terhadap barang yang di belanjakan itu.

“Karena nanti ketika semua proses Pilkades ini selesai, Pemkab akan memeriksa laporan pertanggung jawaban kegiatan hingga pada penggunaan anggaran.” Ujar Mantan Lurah Menala ini.

Baca juga:  Pelayanan di Disdukcapil Sumbawa Ditutup Sementara

Selain itu, lanjutnya, untuk pemeriksaan secara total, DPPKD dan juga inspektorat akan dilibatkan untuk memeriksa laporan pertanggung jawaban tersebut.

“Sekali lagi, laporan keuangan sangat di tekankan. Sebab, penggunaan dana tersebut harus ada pelaporan tertulis,” tegasnya.

Dari hasil pantauannya terhadap personal yang menjadi panitia Pilkades di masing-masing 16 desa tersebut, ia mengungkapkan, mereka merupakan orang-orang yang berkualitas yang paham akan mekanisme Pilkades hingga kematanganya dalam menulis laporan. Terlebih, sengaja di pasang oleh desa untuk menyukseskan pesta lima tahunan tingkat Desa itu.

Mengenai nominal besaran anggaran yang di ajukan oleh desa, ia mengatakan jumlahnya bervariasi. Dari Rp.30 juta hingga mencapai Rp.45 juta. Namun, dari proposal-proposal yang di sampaikan oleh PPKD, dari hasil telaahnya masih ada sedikit kekurangan. Yakni pada biaya anggaran makan dan minum KPPS di hari perhitungan suara.

Baca juga:  Imigrasi Sumbawa Cekal 3 Orang WNA Asal China

“Untuk hal ini, kita anjurkan ada bantuan dari APBDes yang sekiranya dapat dibantu untuk di anggarkan,” katanya. (KS04)