oleh

Syaifuddin Optimis Puskesmas Taliwang dan Seteluk Mampu Raih Akreditasi

dr. H. Syaifuddin
dr. H. Syaifuddin
Kepala Dinas Kesehatan Kab Sumbawa Barat

Sumbawa Barat, Kabar Sumbawa – Hasil Penilaian 2 Puskesmas di KSB yakni Puskesmas Taliwang dan Puskesmas Seteluk apakah layak atau tidaknya untuk mendapat titel Akreditasi oleh Tim Surveyor Komisi Akreditasi FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada awal oktober lalu, belum keluar. Pasalnya, hasil penilaiannya harus menunggu satu bulan lagi.

“Kita harus menunggu satu bulan lagi untuk mengetahui hasilnya”, ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Taliwang dr. H. Syaifuddin, kepada awak Kabar Sumbawa.

Ia menjelaskan, dari sejumlah persyaratan yang telah dipersiapkan dari jauh hari sesuai rekomendasi Tim Akreditasi tersebut, pihaknya optimis kedua puskesmas tersebut mampu meraih akreditasi.

Baca juga:  Cacing bergerak di kulit?

Tim Akreditasi yang beranggotakan pegawai Dikes, ujarnya, telah di bekali dengan diikutkan pelatihan dan memberdayakannya untuk proaktif berkoordinasi dengan Kemenkes tentang apa saja yang perlu di siapkan dalam mengejar akreditasi.

“Dengan terakreditasinya dua puskesmas,  pastinya akan menambah semangat Puskesmas lain dalam meningkatkan pelayanan serta tertib administrasinya.” Katanya seraya menambahkan, karena penilaian untuk akreditasi, petugas akan mengkroscek administrasi, kelengkapan alat medis hingga pelayanan.

Selain 2 Puskesmas tersebut, ia mengungkapakn, akan mengorbitkan 3 Puskesmas lainnya untuk bisa terakreditasi, yakni Puskesmas Jereweh, Puksesmas Poto Tano dan Puskesmas Brang Rea. Hal tersebut akan dilakukan, jika kedua Puskesmas yang telah di nilai oleh tim surveyor, berhasil meraih predikat akreditasi.

Baca juga:  Bupati : Laju Pertumbuhan Penduduk, Terkait Erat Dengan Kualitas Hidup Masyarakat

“Hanya Puskesmas Brang Rea yang sepertinya akan kesulitan, karena bangunannya masih dalam pengerjaan.” Ungkapnya. (KS04)