oleh

Munit Adat Meriahkan Taman Mini Indonesia Indah

Jakarta, Kabar Sumbawa – Pawai budaya atau carnaval budaya menjadi salah satu event  yang  ditunggu pada setiap momentum festival atau pekan budaya. Pada Pekan Produk Budaya Nusantara  Expo dan Forum 2016, Carnaval Budaya menjadi event pamungkas yang diselenggarakan dari Tugu Api Pancasila sampai ke gedung Theater Keong Mas Taman Mini Indonesia Indah, Minggu (23/10).  “Munit Adat” sebagai tradisi masyarakat Sumbawa dalam memperingati kelahiran insan rahmatanli’alamin Nabi Muhammad SAW diperagakan dalam sebuah carnaval. Kali ini Disporabudpar Kabupaten Sumbawa yang menjadi motor agenda ini berkolaburasi dengan Ikatan Keluarga Sumbawa Jakarta Raya (IKASUM-JAYA). Ratusan peserta carnaval “Munit Adat” menjadi tontonan pengunjung Taman Mini Indonesia Indah.

Kepala Dinas Pemuda Olah Raga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa Ir. H. Junaidi, M.Si mengungkapkan kebahagiaannya melihat kolaburasi yang sangat apik dengan Ikasum-Jaya. “Inilah moment sebagamana yang diharapkan oleh Bapak Bupati Sumbawa untuk selalu membangun sinergi positif dengan pihak manapun guna mewujudkan Sumbawa Hebat dan Bermartabat. Partisipasi Ikasum-Jaya yang sangat luar biasa menjadikan event carnaval budaya Samawa di pentas nasional menjadi lebih menarik dan fantastic”, demikian disampaikan Haji Jun yang baru beberapa hari memimpin Disporabudpar.

Baca juga:  “Lala-Minyak Samawa”, Budaya Muharram Dalam Festival Pesona Moyo

“Kami berharap rajutan tali silaturrahmi dengan Ikatan Keluarga Sumbawa dimanapun,  khususnya di Jakarta yang menjadi pusat kegiatan akan terus berkelanjutan dimasa yang akan datang. Atas nama bapak Bupati Sumbawa, kami sampaikan terima kasih dan rasa hormat kepada seluruh keluarga besar Ikasum-Jaya yang berpartisipasi pada kegiatan ini”, lanjut Haji Jun.

Ketua Ikasum-Jaya H. Alimuddin Sidi disela-sela Carnaval Budaya 2016 menyampaikan rasa bahagia gamporo, karena Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa saat ini telah melibatkan komponen masyarakat Sumbawa khususnya yang berdiam di Jakarta Raya (Jabodetabek). “kami atas nama masyarakat Sumbawa yang berdiam di Jabodetabek menyampaikan terima kasih kepada Bapak Bupati Sumbawa H. Husni Djibril dan bapak Wakil Bupati H. Mahmud Abdullah yang telah melibatkan komponen masyarakat Sumbawa di event budaya semacam ini. Sebagai warga Sumbawa yang ada di jabodetabek, kami siap membantu, mendukung pemerintahan Kabupaten Sumbawa menjadi daerah yang hebat bermartabat dan lebih dikenal dengan turut mempromosikan Kabupaten Sumbawa di tingkat nasional”, demikian diungkapkan H. Alimuddin Sidi. “Semoga kerjasama Ikatan Keluarga Sumbawa ini akan berlanjut dimasa-masa yang akan datang”, harap Haji Sidi warga Desa Kerato yang kini menetap di Jakarta.

ksbksb ksbksb