oleh

Menko Bidang Kemaritiman RI Siap Kembangkan Potensi Kabupaten Sumbawa

menko-kemaritiman-ri-jenderal-hor-purn-luhut-binsar-panjaitan
Jenderal (HOR) (Purn) Luhut Binsar Panjaitan
Menko Kemaritiman RI

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa – Kabupaten Sumbawa selain kaya akan Sumberdaya mineral juga kaya akan pertanian dan peternakan dan pariwisatanya,  pujian itu dilontarkan Menko Kemaritiman RI Jenderal (HOR) (Purn) Luhut Binsar Panjaitan saat ditemui sejumlah wartawan seusai diterima  Bupati Sumbawa H.M.Husni Djibril BSc Diruang kerjanya Senin (24/10/16).

Menurutnya, ke empat sektor unggulan tersebut dapat dikembangkan dengan baik oleh pemerintah seperti contohnya disektor pertanian sebagaimana yang telah dilaporkan oleh Bupati Sumbawa ke pihaknya, dimana selain padi terdapat komoditi unggulan lainnya yang tak kalah bagus yakni jagung, dimana pemerintah pusat melalui Menteri Pertanian siap untuk mengelola sektor tersebut.

Baca juga:  Pimpinan Dewan Netral Dalam Kisruh Golkar

Demikian juga dengan sektor Peternakan, ternyata Kabupaten Sumbawa sangat refresentatif untuk pengembangan peternakan, dengan demikian pemerintah pusat siap memberikan bantuan bibit sapi Australi yang telah lama dipesan dengan catatan adanya kesiapan serta kemampuan daya tampung dari Daerah itu sendiri.

Lanjutnya, Selain sektor yang telah dipaparkan tadi, kondisi iklim dan geografis kabupaten Sumbawa juga baik untuk dikembangkan pertanian tebu untuk dijadikan gula.akan tetapi meski pengembangan dibeberapa sektor yang telah disebutkan tadi tanpa fasilitas pendukung lainnya seperti Pelabuhan sangatlah mustahil dapat berjalan dengan baik dalam hal distribusi.

Dengan demikian pihaknya juga meminta lokasi refresentatif untuk nantinya akan di bangun Pelabuhan sebagai Tol laut untuk wilayah timur. Dan jika hal tersebut terintegrasi dengan baik maka akan terjadi peningkatan PAD untuk Kabupaten Sumbawa.(KS/002)

Baca juga:  Disuntik Vaksin, Kajari Sumbawa : Saya Bahagia