by

Pangdam IX Udayana Tutup Kegiatan TMMD

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa—Pangdam IX Udayana, Mayjen. TNI. Kustanto Widiatmoko, Rabu (19/10/2016) menutup kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) di Desa Baru-Tahan Kecamatan Moyo Utara. Penutupan kegiatan TMMD ke- 97 dipusatkan di Lapangan Sepak Bola Desa Baru Tahan Kecamatan Moyo Utara. Ikut serta dalam rombongan Pangdam IX Udayana yakni, Danrem 162 Wira Bhakti, Kolonel Inf Farid Makruf, MA Aslog Kasdam IX Udayana, Kolonel. Arh. Dodo Irmanto, Asren Kasdam IX Udayana. Kolonel. Inf. Eko Hariyanto, Aster Kasdam IX Udayana. Kolonel. Inf. Hery Susanto masing-amsing berserta ibu.

Hadir dalam kegiatan ini, Bupati Sumbawa, HM. Husni Djibril, BSc, Wakil Ketua DPRD Sumbawa, Kamaluddin ST, kajari Sumbawa, Paryono, SH, MH, Dandim 1607 Sumbawa Letkol. Arm. Sumanto, S.Sos, Dandenpom IX/2 Mataram, Letkol. CPM. Heri Widodo, Dandim 1608 Bima, Letkol. CZI. Yudil Hendro, Dandim 1614 Dompu Letkol. CZI. Asep Rahmat, Camat Moyo Utara, Tajuddin, SH, pimpinan SKPD serta undangan lainnya.

Pangdam IX Udayana, Mayjen. TNI. Kustanto Widiatmoko dalam sambutannya mengatakan, TMMD  merupakan program yang di gelar secara rutin setiap tahun di seluruh wilayah Indonesia, dengan melibatkan lintas sektoral dan lintas komponen bangsa, yang merupakan bagian dari bhakti TNI. TMMD ini merupakan solusi bagi pemerintah dalam percepatan pembangunan, khususnya dalam membangun daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga:  THR Wajib Dibayarkan H-7 Lebaran

“Berkat kerja keras semua unsur, hasil TMMD dapat di rasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat. Karena tujuan TMMD ini untuk membantu pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan memberdayakan masyarakat di lingkungan tersebut, untuk meningkatkan ketahanan wilayah dan kesadaran hukum serta menangkal segala bentuk ancaman dalam masyarakat,” kata Kustanto.

Dikatakan, program TMMD sudah ada sejak tahun 1980 dengan nama AMD. Seiring berjalannya waktu terus di revisi dan dievaluasi sehingga TMMD terus di laksanakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Adapun sasaran TMMD meliputi sasaran fisik yaitu pembangunan jalan usaha tani, drainase, jambanisasi , pembangunan sarana ibadah dan pusat kegiatan masyarakat juga ada sasaran non fisik berupa penyuluhan , pengobatan gratis dan lain lain.

Baca juga:  Menko PMK, Launching BNTBKM di Harlah KSB Ke-15

“Atas nama pimpinan TNI Angkatan Darat, saya sampaikan permohonan maaf jika selama pelaksanaan TMMD ada perilaku dan tutur kata prajurit kami yang kurang berkenan. Kepada Para prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD saya ucapkan terimakasih dan  segera kembali ke kesatuan masing masing dengan tetap memperhatikan faktor keamanan,” tandas Pangdam. (KS/001)