Kantor Ketahanan Pangan Sumbawa Gelar Lomba Cipta Menu B2SA

Date:

kabarsumbawa.com – Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Sumbawa Senin (17/10/2016) menggelar Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) di RTH Taman Mangga Sumbawa.

Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah yang membuka acara Lomba tersebut menyampaikan, makanan merupakan kebutuhan pokok bagi setiap individu, karena di dalamnya terdapat zat gizi yang sangat diperlukan untuk memulihkan dan memperbaiki jaringan tubuh, mengatur proses dalam tubuh sehingga menghasilkan energi untuk berbagai kegiatan dalam kehidupan manusia. Setiap individu perlu mengatur makanan sehari-harinya sesuai dengan kebutuhan zat gizi, dalam jumlah cukup (kualitas maupun kuantitas) serta aman dikonsumsi untuk dapat hidup sehat, aktif, cerdas dan produktif.

Agar dapat mengkonsumsi makanan yang sehat dan seimbang lanjut Wabup, maka selaku individu maupun keluarga harus mampu menyediakan jenis makanan yang tepat, beragam, bergizi seimbang dan aman untuk pertumbuhan dan kesehatan keluarga. Untuk itu, pengetahuan tentang berbagai jenis makanan yang bergizi dan sehat sangat diperlukan. Permasalahan yang dihadapi masyarakat sejauh ini adalah tingkat pengetahuan masyarakat tentang pola konsumsi pangan beragam, bergizi seimbang dan aman relatif masih rendah. Teknologi dan sarana prasarana pengolahan pangan masih perlu pengembangan. Budaya makan umumnya masih terfokus pada bahan pangan asal beras dan belum optimalnya peran pangan lokal dalam mendukung penganekaragaman konsumsi pangan. Pentingnya penganekaragaman konsumsi pangan karena tidak ada satupun bahan pangan yang mempunyai kandungan zat gizi yang lengkap, sehingga untuk dapat hidup sehat, aktif, cerdas dan produktif setiap orang harus mengkonsumsi aneka ragam pangan secara seimbang, baik berasal dari pangan sumber karbohidrat, protein (nabati maupun hewani) serta vitamin dan mineral.

“Dalam rangka mempercepat pemahaman masyarakat tentang konsumsi pangan yang beragam, bergizi dan berimbang, maka penyelenggaraan kegiatan ini diharapkan akan dapat mensosialisasikan konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman kepada masyarakat luas, terutama bagi kalangan pelajar agar dapat ditularkan kepada teman-teman ataupun anggota keluarga yang lain sehingga cerdas dalam memilih dan mengkonsumsi menu makanan sehari-hari. Mari kita hilangkan persepsi belum makan kalau belum makan nasi atau nasi tidak selalu berasal dari beras. Kabupaten Sumbawa memiliki karakteristik dan kekayaan produk pangan yang sangat beragam, baik itu terbuat dari bahan pangan beras dan non beras. Yang menjadi tantangan kita saat ini adalah bagaimana kita melakukan diversifikasi makanan olahan yang berasal dari bahan pangan non beras tetapi tetap mempertahankan nilai gizi yang seimbang,” kata Haji Mo sapaan akrab Wabup Sumbawa.

“Walaupun Kabupaten Sumbawa merupakan salah satu kabupaten penyangga beras nasional, namun beberapa kasus tertentu masih saja ada masyarakat kita yang rawan gizi, salah satu penyebabnya adalah tingkat keberagaman pangan yang dikonsumsi masih kurang contohnya pangan umbi-umbian. Untuk kita ketahui bersama bahwa sebenarnya sumbangan energi yang dihasilkan oleh kelompok pangan umbi-umbian setara dengan energi yang dihasilkan oleh nasi. Dengan lomba cipta menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) berbasis potensi sumber daya lokal menjadi salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan dan mendorong kreativitas masyarakat serta memasyarakatkan dan membiasakan keluarga untuk mengkonsumsi makanan beragam, bergizi, seimbang dan aman dalam kebutuhan sehari-hari dengan memanfaatkan pekarangan, kebun dan lain-lain, sebagai sumber pangan keluarga sehingga kualitas hidup lebih meningkat. Kepada semua peserta agar dapat lebih kreatif mengembangkan beragam menu pangan lokal dengan tetap mengedepankan kandungan/nilai gizi yang seimbang sesuai dengan kebutuhan tubuh sehingga tercipta individu-individu yang sehat, cerdas, dinamis dan produktif,” harapnya.

Diakhir kegiatan, Bupati Sumbawa, Wakil Bupati Sumbawa, beserta Ketua PKK dan Ketua GOW Kabupaten Sumbawa melakukan peninjauan sekaligus penilaian masakan olahan yang telah dibuat oleh para peserta lomba. (KS/001)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan caleg iklan caleg

Populer

More like this
Related

Lapak Cemong Ecek Sediakan Sarapan GRATIS Setiap Hari Jumat

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Semangat kepedulian sosial yang sangat...

Jangan Lewatkan!!! Promo Heboh Lapak Cemongecek

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kabar gembira bagi para pecinta...

Gurih dan Renyah! Rengginang Buatan Ibu Siti Aisyah Desa Baru Tahan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Gurih dan renyah. Itulah pertama...

Menikmati Harmoni Kuliner, Pemandangan Memukau, dan Keajaiban Budaya Bali di Restoran Taroo, Ubud

Bali, kabarsumbawa.com - Taroo, restoran baru bernuansa "paddy pool...