oleh

Satpol PP Amankan Puluhan Rokok Ilegal

ilustrasi-rokok-ilegal
Ilustrasi Rokok Ilegal

Sumbawa Barat, KabarSumbawa – Peredaran Rokok Ilegal masih marak di Kabupaten Sumbawa Barat. Terbukti dalam razia yang dilakukan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Rabu (12/10) kemain, berhasil mengamankan 44  bungkus rokok palsu berbagai merk.

“Dari kegiatan yang sudah kita lakukan, ada puluhan rokok ilegal yang diamankan anggota di sejumlah lokasi. Yakni di Benete, Labuhan Lalar dan Poto Tano. Saat ini, rokok ilegal tersebut kita simpan di kantor” ungkap Kepala Sapol PP Sumbawa Barat, Agus Adnan S.Pd di ruang kerjanya, kamis (13/10).

Menurutnya, keberadaan rokok ilegal saat ini banyak dijumpai. Mengingat, kegiatan ini baru dilakukan karena sebelumnya pihaknya belum tahu tentang keberadaan rokok ilegal. Bahkan saat melakukan Razia, ia mengakui beberapa anggotanya yang belum bisa membedakan rokok ilegal dan Rokok legal.

Baca juga:  Maraknya Kasus Perampokan Bercadar, “Harus Segera Diungkap”

“Ini anggota baru saya tegur, mereka sendiri tidak paham, mana rokok palsu yang legal dan mana roko yang ilegal” Ungkapnya.

Beberapa rokok ilegal yang diamankan itu kemasannya sepintas mirip rokok legal. Hanya saja, perbedaannya bisa di lihat dari pita cukainya. Karena, warnabpita cukai rokok ilegal, sangat berbeda dari pita cukai resmi dari rokok ilegal dan harganya juga jauh lebih murah dibandingkan rokok yang asli.

Dalam melakukan tugasnya, pihaknya juga mengedepankan pembinaan pada para penjual rokok ilegal. Yakni, memberikan pengertian dan pemahaman mengenai ciri-ciri rokok ilegal. Hal itu diperlukan mengingat masih ada penjual yang tidak bisa membedakan mana rokok legal dan ilegal. Dan penjual pun berterima kasih kepada pihaknya karena diberi pengertian tentang perbedaaan rokok legal dan rokok ilegal.

Baca juga:  Polisi Bekuk Terduga Perampok Toko Emas Alas

“Para penjual rokok juga kita kasih pengertian. Soalnya, mereka kurang paham akan rokok yang mereka jual,” imbuhnya. (KS04)

ksbksb ksbksb