Antisipasi Kerusakan Jalan, BPJP Wilayah Sumbawa Rutin Lakukan Pemeliharaan

Date:

amaluddin, S.Sos, MT Pemeliharaan Jalan Provinsi Wilyah Sumbawa
Kepala Balai Jamaluddin, S.Sos, MT
Pemeliharaan Jalan Provinsi Wilyah Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa—Guna memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan, Balai Pemeliharaan Jalan Provinsi Wilayah Sumbawa setiap dua tahun sekali melakukan pemeliharaan rutin di ruas jalan provinsi yang ada. Total ruas jalan provinsi di Sumbawa dan Sumbawa Barat adalah 15 ruas jalan, yang tersebar di Kabupaten Sumbawa sebanyak 12 ruas jalan, sedangkan di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) terdapat 3 ruas jalan.

“Tahun ini pemeliharaan tetap dilaksanakan, namun pekerjaannya ditangani oleh Bidang Bina Marga Provinsi NTB,” ujar Kepala Balai Pemeliharaan Jalan Provinsi Wilyah Sumbawa, Jamaluddin, S.Sos, MT kepada Kabar Sumbawa, Jum’at (14/10/2016).

Baca juga:  BLK Sumbawa Mulai Rekrut Calon Peserta PBK Tahap I Tahun 2024

Dijelaskan, khusus untuk jenis pekerjaan besar dilaksanakan oleh APBN, sperti pemeliharaan ruas jalan Seketeng – Raberas – Ulu Air (Kecamatan Moyo Utara), ruas jalan Plampang-Labangka, Pal 4 (Simpang Boak) – Lenangguar tahun lalu sudah dihotmik, sehingga  tahun ini dilaksanakan pemeliharaan jalan berupa perambasan yang dilaksanakan 3 hingga 4 kali pertahun, di KSB Simpang Tano-Simpang Seteluk, Sejorong – Tatar.

“Pemeliharaan dilakukan secara sporadic, mana yang dinilai parah itu yang didahulukan, jalan yang mengalami rusak berat seperti di Sekongkang sedang dikerjakan oleh Bina Marga, jalan juga dilebarkan. Dibeton dipingirnya, drainase juga dirapikan seperti yang dilaksanakan di ruas jalan Lunyuk – Tatar,” jelasnya.

Baca juga:  Direktur Samota Gemilang Bantah Minta APBD untuk Pelaksanaan MXGP

Selain itu ruas jalan mulai Lawang Gali hingga Batudulang, Jalan Sultan Kaharuddin hingga Batudulang juga dilakukan perbaikan dengan mengunakan dana yang bersumber dari DAK bidag Bina Marga. kemudian paket Lenangguar – Lunyuk menggunakan dana dari Frame Indi berupa Bantuan Australia.

“Di Plampang-Labangka sudah dikerjakan 80 persen, tinggal pembenahan damija, drainase, sedimentasi, pecing sudah dikerjakan, perkerjaan buras, jalan yang sudah tidak bagus (pori-porinya terbuka) ditaburi pasir dan aspal dingin,” tandasnya. (KS/001)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan caleg iklan caleg

Populer

More like this
Related

KEMENKUMHAM NTB Terima Hibah Lahan dari Pemda KSB

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com - Bertempat di Graha Fitrah Kemuter...

THR ASN Pemkab Sumbawa Sudah Bisa Dicairkan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup...

Kapolsek Rhee Dan Plampang Berganti

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com -  Kepolisian Resor Sumbawa menggelar Upacara...

Peringati Malam Nuzulul Quran, Bupati Ajak Ciptakan Masjid Ramah Anak

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa memperingati malam...