Infrastruktur Klaster Usaha Ternak Desa Batu Tering Diresmikan

Date:

eresmikan-infrastruktur-klaster-usaha-ternak-2Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa–Pemerintah Kabupaten Sumbawa bersama PT. Bank Indonesia Cabang Nusa Tenggara Barat, Kamis (13/10/2016) meresmikan Infrastruktur Klaster Usaha Ternak di Desa Batu Tering Kecamatan Moyo Hulu.Peresmian Klaster Usaha Ternak Sapi tersebut turut dihadiri Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cabang NTB, Direktur Kepatuhan PT. Bank NTB Cabang Sumbawa dan para Kepala SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Sumbawa.

Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Ir. A. Yani yang mewakili Bupati Sumbawa dalam kesempatan itu menyampaikan, bahwa hingga saat ini salah satu bisnis yang masih diminati terutama oleh para petani adalah bisnis ternak sapi. Sapi dinilai menguntungkan karena dagingnya merupakan salah satu komponen penting dalam berbagai pengolahan produk. Permintaan di pasar domestik semakin meningkat karena tingkat konsumsi yang juga semakin meningkat. Harga daging sapi kerap naik dan ini bukan sepenuhnya kesalahan pemerintah. Kadang kala pemerintah terpaksa mengimpor, demi memenuhi permintaan pasar yang tidak bisa dipenuhi secara maksimal oleh peternak sapi lokal. Apabila peternak lokal sudah bisa berpartisipasi, kemungkinan impor pun akan semakin kecil.

Baca juga:  Musrenbang RPJMD 2025 - 2045, Menuju Sumbawa MAS Berkelanjutan

Untuk mengatasi hal tersebut, lanjut Yani sapaan akrab Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintaha, maka bisnis ternak sapi perlu digalakkan dengan berbagai usaha penggemukannya. Tidak hanya sapi sebagai usaha ternak kecil-kecilan, tapi bisa menjadi skala besar yang menghasilkan keuntungan lebih banyak dengan kebutuhan pasar yang juga terpenuhi. Bisnis sapi ini pun dinilai mudah untuk berbagai permintaannya yang sangat besar baik itu untuk pembesaran maupun penggemukan, sapi pasti laku. Jangka waktu untuk panennya pun hanya sekitar 3 sampai 6 bulan. Limbah sapi juga bisa dijual atau diolah kembali untuk penghasilan dan manfaat lain yang juga lebih besar baik itu sebagai pupuk organik maupun untuk bahan biogas.

eresmikan-infrastruktur-klaster-usaha-ternak-1Sebagaimana diketahui bersama bahwa masyarakat Sumbawa selain sebagai petani sesungguhnya kehidupan mereka juga begitu dekat dengan dunia peternakan. Hal ini tidak lepas dari daya dukung lahan yang masih cukup luas. Apalagi Kabupaten Sumbawa merupakan daerah penghasil jagung yang sangat besar di Provinsi NTB, dimana tanaman jagungnya sangat berguna bagi pakan ternak yang baik untuk usaha penggemukan ternak khususnya sapi. Sehingga sektor pertanian dan sektor peternakan di Sumbawa merupakan sektor yang saling mendukung dan memberi kontribusi besar bagi roda perekonomian daerah.

Baca juga:  Sumbawa Terima 76 Titik Akses Internet dari BAKTI Kominfo, Dikhususnya untuk Satuan Pendidikan

Namun demikian, dukungan semua pihak baik pemerintah maupun swasta akan sangat membantu bagi para peternak khususnya yang masih memiliki usaha ternak kecil-kecilan. Bantuanpun tidak harus selalu berupa modal, dukungan infrastruktur juga sangat penting bagi pengembangan usaha seperti yang dilakukan, beberapa bantuan teknis yang diberikan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB bersama institusi terkait berupa pelatihan, kandang komunal, ruang sekretariat, timbangan dan lain-lain.

Diakhir acara, dilakukan penyerahan bantuan program sosial Bank Indonesia secara Simbolis kepada Kelompok Ternak Liang Bukal, Pencanangan kawasan rumah pangan lestari, penyerahan berupa bibit tanaman holtikultura. (KS/001)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Pemkab Sumbawa Terus Bergerak Menuju Zero Stunting

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Wakil Bupati Sumbawa, Hj. Dewi...

SPM Awards Tahun 2024, Sumbawa Peringkat Empat Kabupaten Terbaik

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kabupaten Sumbawa berhasil masuk sebagai...

Sumbawa Jadi Kabupaten Terbaik Dalam Perencanaan Pembangunan Daerah Tingkat Provinsi NTB 2024

Mataram, Kabarsumbawa.com - Dalam rangka mendukung visi Indonesia Emas...

Pelaku Wisata di Sumbawa Dapat Pelatihan Pemasaran Digital

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas...