oleh

Ketua DPRD Sumbawa Jadi “Keynote Speaker” Di Manado

lalu-budi
Lalu Budi Suryata, SP
Ketua DPRD Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa—Ketua DPRD Sumbawa, Lalu Budi Suryata, SP akan menjadi pembicara (keynote speaker) pada acara peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (BPRB) Nasional Tahun 2016 di Hotel Novetel Manado, Jumat (14/10/2016). Acara tersebut rencananya akan dibuka secara resmi oleh Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo.

Kepada Kabar Sumbawa, Selasa (11/10/2016), Lalu Budi menjelaskan, dirinya diundang sekaligus menjadi pembicara dalam acara BPRB Nasional yang dilaksanakan di Manado Sulawesi Utara, bersama Ketua DPRD Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu, serta empat orang bupati, salah satunya adalah Bupati Agam Sumatera Barat, Indra Catri.

Budi dipilih menjadi pembicara dalam forum nasional tersebut, dasar pertimbangannya karena Sumbawa memiliki Perda Inisiatif DPRD, , tentang pengurangan risiko bencana, yang diinisiasi oleh komisi tekhnis, yakni Perda Nomor: 5 Tahun 2016.

Baca juga:  Peran dan Kesadaran Seluruh Pihak Diperlukaan, Bantu Perkembangan Pariwisata KSB

“Lahirnya Perda ini agar penyelenggaraan penanggulangan bencana yang dilaksanakan bersifat komprehensif, tidak seperti yang dilakukan selama ini, yang lebih mengedepankan responsifitas dan tidak ada payung hukumnya. Sehingga adanya Perda ini diharapkan agar penanganan bencana tidak bersifat responsif, namun lebih menekankan upaya prefentif, kesiapsiagaan dengan melibatkan banyak pihak,” ujar Budi.

“Inilah tujuan perda ini dilahirkan, guna memaksimalkan kinerja dengan menetapkan daerah rawan bencana, menggiatkan sosialisasi daerah rawan bencana, menetapkan desa tanggap bencana, sehingga dapat diketahui langkah penanganannya, Sekali lagi mind set penanggulangan bencana berubah, tidak lagi responsif tapi preventif dengan lebih mengutamakan kesiapsiagaan,” tandas Budi. (KS/001)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *