by

Dinas Pertanian Gelar Tanam Padi Serentak

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa-Dinas Pertanian Tanaman Pangan Dan Hortikultura, Kamis (22/09/16) melaksanakan tanam padi serentak di lokasi cetak sawah baru, tepatnya berada di Dusun Pengeyar Desa Kakiang Kecamatan Moyo Utara. Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Sumbawa H. M. Husni Djibril, Bsc. Hadir pula Dandim 1607 Sumbawa, Kejari, Pengawas Program Cetak Sawah Baru, Kolonel Sujadi, Ketua DPRD Sumbawa dan Kepala Dinas Pertanian Provinsi NTB, Camat se Kabupaten Sumbawa dan para KUPT Dinas Pertanian.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Dan Hortikultura Ir. Talifuddin, M.Si mengatakan, terselenggaranya kegiatan cetak sawah baru tidak terlepas dari kinerja tim, dari dinas pertanian dan anggota TNI, bahkan kerja sama antara dinas dan TNI semakin kompak, sehingga dari kekompakan tersebut diharapkan dapat memajukan pertanian Sumbawa, “Bila perlu Sumbawa berlari untuk mengejar kemajuan dibidang pertanian,” ujarnya.

Dikatakan Talif,_untuk memajukan pertanian agar bisa berlari maka peran dari penyuluh juga dibutuhkan, demi menyukseskan program pertanian. Karenanya perlu diketahui bahwa 533 hektar hasil cetak sawah baru akan ditanami sampai pada Bulan September. Pada saat ini bukan hanya Kabupaten Sumbawa yang menggelar tanam serentak namun kabupaten Dompu, Lombok Tengah, Lombok Utara dan Lombok timur juga melakukan hal yang sama.

Talif berharap, dengan adanya cetak sawah baru dan kegiatan tanam serentak tersebut ketua kelompok dan anggotannya lebih bersemangat dalam melaksanakan aktifitasnya sebagai petani, “Jangan sampai sawah yang baru dicetak, tidak dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,’’ ungkapnya.

Ditambahkan, masih banyak PR yang harus dikerjakan oleh petani Sumbawa dan Dinas Pertanian, misalnya dalam hal produksi padi, di Kecamatan Lunyuk produksi padi mencapai 8 ton perhektar sedangkan di kecamatan lainnya baru mencapai 5 ton perhektar, sehingga hal tersebut perlu ditingkatkan untuk kemajuan pertanian. Bahkan untuk meningkatkan produksi pertanian dan mempercepat gerakan tanam masyarakat, petani juga khususnya di Pangeyar diberikan bantuan mesin untuk meningkatkan produksi pertanian. bahkan untuk membantu petani dari pihak perbankkan siap mengglontorkan kredit dengan bunga yang lebih rendah. Tandasnya

Baca juga:  Bupati Buka Seminar Nasional Perbankan Syariah di UNSA

Pengawas Cetak Sawah Baru, Kolonel Sujadi mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan tanam serentak, sebab kegiatan tersebut merupakan pemicu dari dicanangkannya program swasembada pangan, bahkan presiden juga mensupport program tersebut. Pihaknya berharap kepada pemerintah agar dapat memberikan bantuan kepada masyarakat Dusun Pengenyar untuk membangun jembatan menuju area persawahan apalagi ditambah dengan adanya cetak sawah baru, hal itu demi memudahkan petani dalam mengangkut hasilnya nanti.

Kolonel Sujadi memaparkan bahwa program kerja sama antara pemerintah dengan TNI sangat banyak, selain cetak sawah baru juga ada kegiatan kerja sama yang lain seperti pembangunan jalan diwiliayah Papua. Sehingga pihaknya berharap agar kedepannya semua sawah yang sudah dicetak ditanami oleh para petani.

Sementara itu Bupati Sumbawa, H. M. Husni Djibril, Bsc sangat mengapresiasi kinerja dari Kepala Dinas Pertanian beserta semua perangkat yang ada di pertanian. Dikatakan bupati, selama ini kemajuan di bidang pertanian sudah sangat luar biasa, dengan adanya kemajuan di bidang pertanian maka tentunya akan meningkatkan kesejahteraan para petani.

Dikatakan, saat ini pemerintah daerah akan lebih memprioritaskan pembangunan bendungan dan suluran irigasi agar peningkatan produksi pertanian semakin meningkat. Bukan hanya itu infrastruktur pertanian juga turut serta akan menjadi dasar pertimbangan untuk dibangun.

Baca juga:  Kejaksaan Akan Gelar Sosialisasi Dan Deklarasi Anti Korupsi

“Percuma saja petani diberikan alsintan, bibit, dibangunnya bendungan akan tetapi kalau sarana untuk mengangkut hasil pertanian masih sulit dilalui, maka untuk itu pembangunan infrastruk pertanian sangatlah penting,” kata Bupati.

Kepada para petani bupati menegaskan, bahwa nantinya khusus jagung sudah ada perusahaan yang sipa untuk membeli hasil jagung petani dengan harga yang telah ditentukan oleh pemerintah dan juga petani harus memberikan kualitas yang terbaik dengan betul-betul merawat apa yang telah ditanaminya bila perlu kualitas dari yang dihasilkan oleh petani sumbawa jauh melebihi kualitas importir. Papar H. Husni

Ditambahkan, Kabupaten Sumbawa sangat welcome pada investor yang penting dengan satu catatan bisa menguntungkan petani dan petani juga harus memberikan jaminan dengan kualitas yang terbaik agar saling menguntungkan. “Perlu diketahui kami sedang memperjuangkan pembangunan pelabuhan pengepul dan bongkar muat di Teluk Santong, semoga hal itu dapat terealisasi,” harap Bupati. (KS/001)