Hartono Belo : Petani Labangka Berhasil Panen 74.732 ton jagung

Date:

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa – Petani di Kecamatan Labangka sangat gembira pada tahun ini, pasalnya hasil jagung pada panen kali ini sangat bagus dan melimpah di berikan alam dan Tuhan sang pencipta. Dimana panen kali ini terbilang sukses. Dari 10.676 hektar lahan yang tersebar di lima desa di Labangka menghasilkan 74.732 ton jagung. Bukan itu saja, harga jagungpun cukup bagus dimana mengacu pada harga yang ditetapkan pemerintah. Camat Labangka yang di konfirmasi wartawan di Kantor Bupati kamis (22/9/16) mengatakan. Diwilayahnya hanya sekitar 3 persen yang mengalami gangguan.dan sebagian besar meningkat signifikan dibandingkan Tahun 2015 lalu. Hal tersebut dikarenakan lahan tanam yang semakin luas. Dari 9.527 Ha tahun lalu meningkat menjadi 10.676 Ha. Selain itu rata-rata panen tahun ini per hektarnya mencapai 7—8 ton, berbeda dengan tahun lalu hanya 5 ton per hektar. Ditambah dengan harga jagung yang bagus. Dimana pada Tahun lalu hanya Rp 2.700 per kilogram, saat ini Rp 3.100 per kilogram dengan kadar air 17—18 persen.

Baca juga:  BLK Sumbawa Mulai Rekrut Calon Peserta PBK Tahap I Tahun 2024

Lanjut Hartono, Meningkatnya harga jagung dikarenakan faktor lainnya juga seperti ada penambahan pengusaha yang masuk ke Labangka, sehingga harga bersaing dan petani memiliki banyak pilihan. Sebaliknya pengusaha tidak berani memainkan harga seperti tahun lalu yang hanya satu orang pengusaha.ditambah lagi tahun ini kran impor jagung sudah ditutup.

Baca juga:  Kapolsek Rhee Dan Plampang Berganti

Dalam hal ini ia berharap dan berusaha kedepan akan mengejar target peningkatan tanam jagung asalkan harga tetap stabil, serta distribusi pupuk lebih awal agar kualitas tanah tetap terjaga. “katanya” (KS/002)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan caleg iklan caleg

Populer

More like this
Related

KEMENKUMHAM NTB Terima Hibah Lahan dari Pemda KSB

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com - Bertempat di Graha Fitrah Kemuter...

THR ASN Pemkab Sumbawa Sudah Bisa Dicairkan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup...

Kapolsek Rhee Dan Plampang Berganti

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com -  Kepolisian Resor Sumbawa menggelar Upacara...

Peringati Malam Nuzulul Quran, Bupati Ajak Ciptakan Masjid Ramah Anak

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa memperingati malam...