oleh

Wabup Sumbawa Buka Kegiatan TMMD Ke-97 Di Desa Baru Tahan

wabub-sumbawa-buka-tmmd
Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H Mahmud Abdullah membuka secara resmi kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-97 yang dilaksanakan di Desa Baru Tahan Kecamatan Moyo Utara

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa—Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H Mahmud Abdullah membuka secara resmi kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-97 yang dilaksanakan di Desa Baru Tahan Kecamatan Moyo Utara. Acara pembukaan TMMD yang dipusatkan di lapangan sepak bola Desa Baru Tahan tersebut dihadiri Ketua dan para Wakil Ketua DPRD Sumbawa, Anggota Forkompinda, sejumlah pimpinan SKPD, Pimpinan Akademisi, Camat Moyo Utara, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta warga Desa Baru Tahan.

Wakil Bupati Sumbawa pada kesempatan itu membacakan sambutan tertulis Panglima Kodam IX Udayana, Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko, M.D.A.

Dikatakan,  TMMD merupakan salah satu wujud operasi bhakti TNI yang dilaksanakan melalui program lintas sektoral, dengan melibatkan TNI, Kementerian, Lembaga Pemerintah, non pemerintah dan pemerintah daerah serta segenap lapisan masyarakat. TMMD merupakan salah satu solusi bagi pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan percepatan pembangunan di daerah, utamanya daerah-daerah yang sampai saat ini dikategorikan sebagai daerah tertinggal/miskin, terisolir/terpencil, perbatasan dan kumuh perkotaan.

Operasi TMMD merupakan operasi bhakti sosial kemasyarakatan yang sangat efektif dan efesien, karena kegiatan operasi ini dilaksanakan bersama-sama dengan masyarakat di lokasi TMMD dan hasil dari operasi TMMD tersebut dapat secara langsung dirasakan dan diambil manfaatnya oleh masyarakat setempat.

Baca juga:  Kadishub : Juru Parkir Tanpa Karcis , Itu Pungli

TMMD ke-97 Tahun 2016 diselenggarakan secara serentak diseluruh wilayah Indonesia, khusus untuk wilayah Bali dan Nusa Tenggara dilaksanakan di Kabupaten Belu (perbatasan), Ngada (Lombok Barat), Sumbawa, Lombok Timur dan Jembrana.

Adapun tujuan TMMD ke 97 ini adalah untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan yang bersifat fisik maupun non fisik dan memantapkan kemanunggalan TNI- Rakyat dalam rangka menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh. Sedangkan sasaran yang ingin dicapai yakni, tumbuh dan berkembangnya kesamaan visimisi antar aparatur pemerintah di daerah dan para tokoh masyarakat secara terpadu dan melembaga dalam memberdayakan masyarakat di lingkungannya. Kemudian semakin meningkatnya kesejahteraan dan kehidupan social masyarakat di daerah menuju masyarakat yang semakin sejahtera dan mandiri serta memiliki ketahanan wilayah yang tangguh dalam menghadapi setiap hakikat ancaman. Serta semakin meningkatnya kesadaran masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang tercermin adanya tertib hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Baca juga:  Festival Moyo Tidak Lagi Terfokus Pada Bulan Tertentu

Semakin meningkatnya wawasan kebangsaan dan kesadaran bela negara yang tercermin dalam pola dan sikap hidup setiap warga masyarakat sesuai bidang profesi dan pengabdiannya masing-masing. Juga tumbuhnya semangat kebersamaan, gotong royong dan rasa kekeluargaan serta partisipoasi aktif masyakat dalam membangun daerahnya, sehingga terciptanya jiwa persatuan dan kesatuan yang kokoh kuat serta terwujudnya kemanunggalan TNI-Rakyat.

Kita semua berharap operasi TMMD yang akan dilaksanakan selama 30 hari dapat mencapai hasil yang maksimal, sejalan dengan semangat yang terkandung dalam tema TMMD yang Ke-97 yakni, deengan semangat kemanunggalan serta kerjasama lintas sektoral dan lintas komponen bangsa, kita tingkatkan percepatan pembangunan di daerah guna meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Semoga apa yang diusung dalam tema tersebut benar -benar dapat menjadi sumber motivasi dan insopirasi bagi kita semua dalam melakukan percepatan pembangunan di segala bidang kehidupan masarakat, sehingga bangsa indonesia kedepan maju, makmur dan sejahtera. (KS/001)