oleh

Dandim: 25 Truk Kayu Ilegalloging Berhasil Diamankan Selama Operasi

Dandim 1607 Sumbawa
Letkol Arm.Sumanto S.Sos
Dandim 1607 Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa – Dalam upaya meminimalisir kerusakan hutan akibat adanya Ilegalloging di Kabupaten Sumbawa yang dilakukan oleh pihak maupun oknum tertentu. Pemerintah kabupaten sumbawa bersama aparat keamanan melakukan operasi pemberantasan ileggaloging yang kini marak terjadi di Kabupaten Sumbawa.selama operasi tersebut telah banyak kayu maupun barang bukti kejahatan lain yang telah berhasil diamankan oleh aparat keamanan seperti Truk dan Showmil serta para pelakunya, hal itu terlihat di Makodim 1607 ratusan kubik kayu dan puluhan truk yang telah diamankan dalam operasi tersebut.

Dandim 1607 Sumbawa Letkol Arm.Sumanto Ssos yang dikonfirmasi Rabu (14/9/16) mengatakan. pihaknya sejauh ini telah berkoordinasi dan mengelar rapat bersama pihak Dinas Kehutanan Provinsi untuk membahas permasalahan tersebut (pemberantasan ileggalloging) dan sebagai tindaklanjut dari rapat tersebut, pihaknya langsung action lapangan dengan terjun langsung kelokasi yang dianggap rawan perambahan liar. Dalam operasi tersebut pihaknya berhasil mengamankan 16 truk bersama kayunya ditambah 9 truk dalam operasi gabungan lalu.sehingga total truk yang telah diamankan oleh Makodim 1607 sudah mencapai 25 truk.

Baca juga:  Ajak Komunitas Ojek, Satlantas KSB Gelar Safety Riding.

Lanjutnya, dalam operasi tersebut, selain truk kayu dari kabupaten Sumbawa, dari Kabupaten Dompu khususnya kayu yang berasal dari wilayah hutan Tambora juga berhasil diamankan.menurutnya jika dilihat dari hasil pembalakan liar yang terjadi selama ini, maka bisa disimpulkan bahwa kerugian negara sangat besar. Bahkan bukan itu saja, akibat ilegalloging juga berakibat pada bencana alam seperti, banjir, tanah longsor dan pemanasan global serta bencana lainnya. Ia yakin bahwa masyarakat sangat mendukung apa yang dilakukan oleh pemerintah untuk memberantas praktek ilegalloging.(KS/002)

ksbksb ksbksb