by

Dinas Peternakan Mulai Lakukan Pemeriksaan Hewan Qurban

kadis peternakan
Ir. Syafruddin Nur
Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa – Guna menyukseskan pelaksanaan penyembelihan hewan qurban pada Hari Raya Idul Adha, Senin (12/09/2016), Dinas Peternakan Kabupaten Sumbawa mulai melakukan pemeriksaan kesehatan hewan qurban dengan melibatkan para petugas kesehatan hewan untuk melakukan pemeriksaan fisik maupun penyakit hewan sebelum dan sesudah penyembelihan hewan kurban dilaksanakan.

Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sumbawa, Ir. Syafruddin Nur, Rabu (07/09/2016) menjelaskan, bahwa pihaknya telah membuat SK personelnya yang terlibat dalam pemeriksaan hewan qurban tersebut, terdiri dari 94 orang menyebar di 13 UPT, 57 personel di dalam kota, meliputi Kecamatan Sumbawa, Unter Iwes, Labuhan Badas. 5 personel di Laboratorium Dinas Peternakan, dan 9 personel di posko atau sekretariat.

Baca juga:  Abdul Rafiq Serap Aspirasi Warga Alas, Alas Barat dan Buer

Dikatakan, pihaknya telah membentuk posko di Dinas Peternakan untuk tingkat Kabupaten. Terhadap pemeriksaan akan dilakukan dua tahap sebelum Hari Raya Idul Adha (H-2) dan pada saat Hari Raya Idul Adha (Qurban) untuk melakukan pemeriksaan post mortem atau setelah pemotongan.

“Pemeriksaan juga dilakukan H+2. Jadi kita melakukan pemeriksaan selama 5 hari,” ujar Syafruddin Nur.

Dijelaskan, pemeriksaan akan difokuskan terhadap darah hewan di laboratorium, karena pada darah dapat dilihat apakah ternak sehat atau tidak. Kemudian pada saat dilakukan penyembelihan memeriksa limpa atau hati untuk mengetahui apakah ternak sehat atau sakit. “Meski Sumbawa daerah endemis Antrax, namun sejauh ini belum ditemukan penyakit antrax terhadap hewan ternak baik Sapi, Kerbau maupun Kambing,” tandasnya. (KS/001)