oleh

Perusahaan Tambang Harus Mampu Berinteraksi Dengan Masyarakat

CEO Medco Internasional, Arifin Panigoro
Arifin Panigoro
CEO Medco Internasional

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa-CEO Medco Internasional, Arifin Panigoro, yang kini menguasai mayoritas saham PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) di Batu Hijau, usai memberikan motivasi kepada mahasiswa baru Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) dalam acara Respect UTS tahun 2016, Selasa (05/09/2016), menyebutkan bahwa sejumlah perusahaan tambang besar seperti Newmont di Batu Hijau—Sumbawa Barat—NTB dan Freeport di Timika—Papua, interaksinya dengan masyarakat masih terbatas, sehingga hal ini harus digarap sedemikian rupa sampai ketika ada kegiatan besar apapun, tambang minyak, batu bara, tembaga dan emas, mampu mendorong multiplier effect dan trickle downnya terasa.

Arifin menyiratkan komitmen pihaknya akan bersungguh-sungguh untuk menyiapkan segala bentuk pengembangan proyek besar dengan wilayah. “Saya kira saya mau sungguh-sungguh menyiapkan segala bentuk pengembangan proyek besar dengan wilayah. Itu sudah ada modelnya,” ujar Arifin Panigoro.

Baca juga:  Rumah Yatim Dan Dhuafa Annisa di Brang Biji Mulai Dibangun

Berbicara tentang smelter, menurut Ariin P, hal itu merupakan  kewajiban dalam undang-undang, dan pihaknya sedang mengurusnya. Arifin juga menyebutkan bahwa pihaknya segera beroperasi di Batu Hijau dan akan mengganti nama Newmont menjadi nama baru. “Prosesnya hampir in operation, mungkin Oktober lah. Kita berkesempatan melihat langsung. Nanti namanya gak Newmont lagi, karena itu perusahaan Amerika,” ujar AP sapaan akrabnya.

Dia juga mengatakan, akan mengocok ulang komposisi manajemen di internal perusahaan. Nantinya akan terjadi pemilihan orang-orang yang akan ditempatkan di sebuah jabatan. “Makanya aku harus masuk dulu, sekarang gak bisa. Makanya nanti kan kita milih dulu orang, teman-teman yang lama neruskan,” ungkap Arifin. Ia menegaskan program yang lama selain akan dilanjutkan tapi juga akan didorong. Sebagai bentuk kesungguhan perusahaan. “Kita sungguh-sungguh kok,” ucapnya. Menurutnya, akan lebih baik perusahaan dengan masyarakat di daerah sekitar saling mendukung kemampuan, maka itu akan lebih sehat. “Karena buat saya kegiatan sebesar penambangan di Batu Hijau dan nanti pengembangan ke Elang, interaksinya ke masyarakat nanti harus lebih baik. (KS/001)

ksbksb ksbksb