Penggunaan ADD Rentan Dengan Manipulasi Data

Date:

Abdul Rafik Ketua Fraksi PDIP
Abdul Rafiq
Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa-Menyikapi laporan masuk serta hasil temuan lapangan di beberapa lokasi desa yang ada di Kabupaten Sumbawa, khususnya yang berkaitan dengan pengunaan Anggaran Dana Desa (ADD). Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumbawa Abdul Rafiq mengatakan, berdasarkan hasil temuan dan laporan masyarakat yang masuk ke Fraksi PDI Perjuangan, diduga keras terjadi manipulasi data terhadap biaya upah kerja, dimana oknum pelaksana proyek yang bersumber dari ADD menawarkan kepada masyarakat yang ingin mengerjakan proyek tersebut dengan dana yang sangat murah, yang tidak sesuai dengan anggaran yang tertera di dalam RAB. ”Masyarakat ketika mempertanyakan kok sedikit sekali biaya proyek tersebut, Pelaksana proyek berdalih bahwa hal itu telah sesuai dengan RAB, sambil mengancam akan di berikan ke pihak lain jika tidak mau menerima. Jelas masyarakat yang sangat membutuhkan kerjaan tidak ada pilihan lain dan harus rela menerima proyek dengan upah yang sangat kecil,” ungkap Rafiq.

Baca juga:  Pansus DPRD Sampaikan Laporan Pembahasan Ranwal RPJPD 2025-2045

Menurutnya, selain menawarkan upah kecil kepada masyarakat, oknum pelaksana proyek diduga telah membuat RAB siluman (membuat dua RAB). RAB siluman tersebut nantinya akan diperlihatkan kepada masyarakat, sementara RAB yang asli mereka simpan dan tidak dimunculkan. Demikian juga dala hal tanda tangan akan disamakan. “Artinya upah yang di berikan kepada masyarakat yang nilainya kecil, seperti yang tertera di RAB siluman tersebut, namun yang dilaporkan nantinya adalah RAB yang asli, dimana nilainya lebih mahal dari RAB siluman tersebut.

Baca juga:  6 Hotel Rekomendasi Infront untuk Akomodasi MXGP Sumbawa 2024

Rafiq berharap kepada aparat terkait yakni Inspektorat, Kejaksaan dan Kepolisian untuk lebih jeli dalam melakukan penyelidikan terhadap para oknum pelaksana proyek yang bersumber dari ADD, meski saat ini masih dalam tahap percobaan,” tandasnya. (KS/002)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Bupati Sumbawa Serahkan SK Pengangkatan 759 P3K Formasi 2023

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sebanyak 759 orang Pegawai Pemerintah...

PBK Tinggi Peminat, BLK Sumbawa Fokus Pada Kebutuhan Dunia Usaha/Dunia Industri

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Dalam upaya mengatasi lonjakan pengangguran,...

Pansus DPRD Sampaikan Laporan Pembahasan Ranwal RPJPD 2025-2045

Sumbawa, Kabarsumbawa.com - Pembahasan Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan...

Tingkatkan Perlindungan Anak, DPRD Sumbawa Bahas Pembentukan Rumah Aman

Mataram, Kabarsumbawa.com - DPRD Kabupaten Sumbawa berkomitmen meningkatkan perlindungan...