by

GOW Sumbawa Gelar Sosialisasi Anti Narkoba

GOW Sumbawa gelar Sosialisasi NarokobaSumbawa Besar, Kabar Sumbawa-Dalam rangka memerangi penyalahgunaan Narkoba di kalangan generasi muda Sumbawa, GOW Kabupaten Sumbawa bersama dengan BNN Sumbawa menggelar Sosialisasi dan Penyuluhan Tentang Penyalahgunaan Narkoba dan Upaya Penanggulangan Penyakit HIV Aids.

Kegiatan tersebut digelar di beberapa sekolah, dimulai Jum’at 19 Agustus 2016 di SMAN 3 Sumbawa, 26 Agustus di SMKN 3 Sumbawa, 2 September di SMAN 4 Sumbawa, dan 9 September di SMKN 2 Sumbawa. Sosialisasi juga akan diisi oleh Kompol Sirajuddin, dr. Selvi, dan Muh. Nur Yamin sebagai narasumber. Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua GOW Kabupaten Sumbawa, Sovia Noviantry Rayes Mahmud Abdullah.

Ketua GOW Kabupaten Sumbawa mengatakan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika saat ini telah menjadi persoalan serius dunia. Narkotika bahkan mengancam kelangsungan pembangunan dan generasi muda. Secara global ataupun nasional, peredaran gelap narkotika seperti shabu, heroin, morfin, dan ganja terus meningkat. Di Indonesia sendiri, penyalahgunaan narkotika telah mencapai tahap yang sangat mengkhawatirkan.

Baca juga:  Dana Desa Tahun 2018 Belum Bisa Disalurkan

Narkotika tidak lagi mengenal batas usia. orang tua, muda, remaja bahkan anak-anak ada yang menjadi pengguna dan pengedar gelap narkotika. Di Kabupaten Sumbawa sendiri beberapa kasus yang terjadi dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir menyangkut penyalagunaan dan peredaran gelap narkotika, umumnya dilakukan oleh generasi muda dan cenderung meningkat. Hal tersebut membuat daerah ini berstatus darurat narkoba. Dimana pemerintah pusat juga menyatakan bahwa secara nasional, Indonesia saat ini dalam keadaan darurat narkoba. Karena dalam perkembangannya narkotika tidak hanya beredar di kota-kota besar di Indonesia, tetapi juga sudah merambah sampai ke pelosok desa.

Baca juga:  Pemda Siapkan Lapak Untuk Pedagang Baru di Labuh Jambu

“Agar peredaran dan penyalahgunaan narkoba dapat dipersempit maka seluruh komponen masyarakat harus bersatu padu dalam memerangi peredaran gelap narkoba. Caranya dengan meningkatkan kepedulian bersama terhadap lingkungan sekitar,” ujarnya. (KS/001)