by

Angka Pengangguran Terbuka KSB di 2016, Diprediksi Turun

 Ir. Muhadi Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Sumbawa Barat
Ir. Muhadi
Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Sumbawa Barat

Sumbawa Barat, Kabar Sumbawa – Angka Pengangguran Terbuka Kabupaten Sumbawa Barat di tahun 2016 dipediksi akan turun, walaupun pendataan Satuan Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS_red) sedang berlangsung. Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Sumbawa Barat, Ir. Muhadi yang di temui wartawan siang tadi diruangannya menjelaskan bahwa penyebab-penyebab meningkatnya pengangguran tahun 2015 lalu, tidak terjadi tahun ini.

“Penyebab-penyebab meningkatnya pengangguran di tahun lalu tidak terjadi di tahun ini. Seperti kekeringan yang berkepanjangan, dan perusahaan tambang yang merumahkan karyawannya. Makanya pengangguran tahun lalu meningkat” jelasnya.

Memang, lanjut Ir. Muhdi, Pendataan SAKERNAS tahun ini di semester 1 sudah selesai dan datanya sedang diolah. Tetapi, belum diketahui apakah ada peningkatan atau tidak.

Baca juga:  Kunker, Komisi II Minta Bulog Kembangkan Gudang Di Lamusung

“Kemungkinan menurunnya angka pengangguran pada tahun ini dikarenakan, pertama, pendataannya sedang berjalan. Kedua, tahun ini kita tidak mengalami kekeringan seperti tahun lalu” terangnya.

Sementara itu, jika dilihat dari data 5 tahun kebelakang, angka pengangguran terbuka cendrung fluktuatif. Di 2011 turun, 2012 dan 2013 naik sedikit, 2014 turun dan 2015 naik lagi. Karena di tahun lalu, musim tanam yang seharusnya di mulai februari itu orang sudah mulai tanam. Tapi mundur menjadi bulan april karena kekeringan.

“Saat itu, pelaksanaan pendataan Survey Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS_red) di mulai dari bulan maret dan bulan agustus.” terangnya.

Berdasarkan data SAKERNAS BPS Kabupaten Sumbawa Barat dalam tiga tahun terakhir, Pengangguran Angkatan Kerja di tahun 2013 sebesar 6.31%, di 2014 turun menjadi 5.71%, dan 2015 meningkat menjadi 7.98%. (iyud)