oleh

Pemerintah Pusat Harus Mendorong Pembangunan Smelter Di Sumbawa

kurtubi
Dr. Kurtubi
Anggota DPR RI dari Komisi VII

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa—Dampak keberadaan smelter di Sumbawa secara signifikan dapat memberikan multiplier effect terhadap masyarakat di Pulau Sumbawa, terutama terhadap serapan tenaga kerja, tumbuhnya berbagai industri baru yang dapat memajukan perekonomian di daerah. Sehingga keinginan pemerintah daerah untuk dibangunnya smelter di Sumbawa, harus didukung dan mendapat dorongan dari pemerintah pusat. “Jangan justru hal itu diabaikan, padahal tujuanya untuk peningkatan perekonomian di daerah. Kajiannnya seperti apa, kalau memang itu bagus harusnya pemerintah pusat mendorongnya jangan berdiam diri,” ujar Ketua Komisi II DPRD Sumbawa, Abdul Rafiq.

Terkait hal tersebut anggota DPR RI dari Komisi VII Dr. Kurtubi saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Sumbawa untuk meresmikan sumur bor beberapa waktu lalu menyatakan, berlakunya Undang-Undang No: 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara mewajibkan perusahaan tambang mengelola bahan bakunya di Indonesia, dan hal tersebut berdampak pada PT Newmont Nusatenggara (PTNNT) wajib membangun smelternya di Indonesia.

Baca juga:  SKD CPNS Kabupaten Sumbawa Berakhir, Nilai Tertinggi 430

“Saya tetap berpendirian bahwa Newmont Nusa Tenggara harus membangun smelternya di Sumbawa,” ujar Kutubi yang juga pengamat pertambangan.

Menurutnya, sikap mendesak PTNNT untuk membangun Smelter di Sumbawa sudah di sampaikan sejak dirinya menjadi Komisaris PTNNT. “Didalam rapat-rapat komisaris dan direksi saya selalu berpendapat Newmont harus membangun smelter di tanah Sumbawa bukan di Gresik,” jelasnya.

Dijelaskan, keunggulan pembangunan Smelter di pulau Sumbawa, tersedianya lahan yang cukup luas. “Kesulitan di Indonesia biasanya dalam pembebasan lahan, kalau smelter di bangun di pulau Sumbawa tidak ada persoalan pembebasan lahan,” kata Kurtubi.

Apalagi menurut Kurtubi, listrik yang ada di PTNNT yang beroperasi menggunakan batu bara sudah tersedia, dan itu menjadi faktor pendukung untuk beroperasinya Smelter di pulau Sumbawa.

Baca juga:  NU Komit Bersama Pemerintah Bangun Daerah

Kurtubi berjanji akan tetap bersuara dan menggalang anggota DPR RI Dapil NTB untuk mendesak PTNNT agar membangun smelter di Pulau Sumbawa.

“Saya tidak setuju konsetrat Newmont di olah di Gresik, sebagai anggota DPR mewakili NTB saya akan perjuangkan itu. Bila perlu Newmont kita ajak diskusi dimana keberatan mereka,” tandasnya, (KS/001)

ksbksb ksbksb