oleh

Bahas Soal Sail Moyo Tambora, Tim DEKIN Temui Bupati Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa-Tim Dewan Kelautan Indonesia (DEKIN) Kamis (25/8/2016) menemui Bupati Sumbawa H. M. Husni Djibril B.Sc. Rombongan diterima Bupati Sumbawa di ruang kerjanya. Pertemuan tersebut dilakukan setelah tim melaksanakan survey ke sejumlah lokasi terkait rencana kegiatan Sail Indonesia dengan tajuk Sail Moyo-Tambora.

Dalam pertemuan tersebut, tim melakukan diskusi dengan Bupati, dimana tim memaparkan semua hasil kunjungannya di sejumlah titik di Kabupaten Sumbawa. Selain itu, Bupati juga menyampaikan apresiasi kepada tim. Dalam hal ini, Pemda Sumbawa juga menyatakan mendukung penuh kegiatan tersebut.

Ditemui seusai kegiatan, Ketua Rombongan Tim DEKIN, Asrul, A.Pi., M.Si mengatakan, dalam pertemuan itu disampaikan bahwa pemerintah pusat memberi dukungan penuh kepada Kabupaten Sumbawa. Rencananya, esok hari akan digelar rapat di pusat untuk menyampaikan hasil kunjungan. Dalam pertemuan dengan Bupati juga ada usulan untuk merubah tajuknya menjadi Sail Moyo. ‘’Itu juga akan menjadi perhatian kami. Prinsipnya, kami menginginkan Sumbawa ini maju.” ujar Asrul.

Baca juga:  Bayi Berusia Dua Bulan di Kota Mataram Positif Covid-19

Diungkapkan, ada empat provinsi yang mengusulkan sebagai lokasi puncak kegiatan Sail Indonesia 2017. Namun, Kabupaten Sumbawa adalah daerah pertama yang dikunjungi. Kebetulan Provinsi NTB yang pertama merespon. Sementara untuk daerah yang lain pihaknya masih menunggu respon pemerintah provinsi masing-masing.

Hasil evaluasi termasuk rencana lokasi pelaksanaan puncak kegiatan juga sudah dikunjungi. Hasilnya, semuanya sangat memenuhi syarat. Dasar ini akan disampaikan dalam rapat di tingkat pusat. Karena itu, diharapkan peran media untuk bisa menginformasikan mengenai lokasi ini.

Menurut penilaian pribadinya, lanjut Asrul, Sumbawa sangat layak dijadikan sebagai lokasi pelaksanaan puncak kegitan. Dalam setiap pelaksanaan ada dua event besar. Pihaknya setuju untuk pelaksanaan kegiatan berlayarnya (Sail) bertajuk Sail Moyo. Nantinya juga akan digelar kegiatan Festival Tambora yang merupakan bagian dari kegiatan tersebut.

Baca juga:  Pelamar CPNS Sumbawa Diminta Segera Sahkan Kartu Ujian

Sementara itu, Bupati Sumbawa, H.M. Husni Djibril, B.Sc menegaskan bahwa Sumbawa siap untuk melaksanakan kegitan tersebut. Karena itu, pihaknya akan mulai berbenah dan memenuhi pra syaratnya. Salah satunya adalah persiapan kebersihan dan kepedulian masyarakat sekitar. Didukung juga dengan anggaran yang cukup.

Bupati menjelaskan, dalam pra kegitan merupkan tanggungjawab dari daerah dalam bentuk anggaran. Ini akan dipersiapkan pada APBDP tahun ini dan APBD murni 2017.

Bupati mengaku bahwa sebelumnya Pemprov mengusulkan tajuk Sail Moyo-Tambora. Karena pelaksanaannya di Sumbawa, diusulkan tajuknya adalah Sail Moyo. Karena seluruh potensi yang dijual berada di Kabupaten Sumbawa. Salah satunya adalah Teluk Saleh. ‘’Ini dasar pemikirannya. Karena Moyo ini sudah populer di tingkat dunia, jadi layak untuk dijual” pungkas Bupati (KS/001)

ksbksb ksbksb