by

Sejumlah Perwira Polres Sumbawa Dimutasi

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa-Pergeseran (reposisi) jabatan dalam institusi Polri merupakan hal yang wajar dan biasa, hal ini dilaksanakan untuk mendorong peningkatan kinerja di lembaga penegak hukum. Bertempat di Lapangan Mapolres Sumbawa, Rabu (24/08/2016) telah dilaksanakan serah terima jabatan (sertijab) dan mutasi terhadap 14 perwira Polres Sumbawa. Sertijab dan mutasi tersebut dilaksanakan sesuai surat perintah Polda NTB nomor Sprint / 1956 / VIII / 2016.

Beberapa perwira yang dilakukan Sertijab antara lain, Kasat Reskrim, Kasat Narkoba, Kasat Lantas, Kasat Binmas, dan beberapa Kapolsek. Kasat Reskrim Polres Sumbawa, AKP Tri Prasetyo akan melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) digantikan oleh AKP. Yusuf Tauziry SIK, Pama Polda NTB lulusan PTIK tahun 2016. Kemudian Kasat Lantas Polres Sumbawa, AKP Edy Sudharma Kurniawan S,Kom digantikan oleh Iptu Dony Wira Setiawan SIK dari jabatan lamanya sebagai Kanit Reskrim Polsek Senggigi Polres Lobar. Sementara Kasat Narkoba Polres Sumbawa, Iptu Totok Suharyanto SH akan bergeser sebagai Kapolsek Sakra Barat Polres Lotim, dan sebagai penggantinya adalah Iptu Muh Fatony SH, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolsek Kuta Polres Loteng. Selanjutnya Kapolsek Labangka, Iptu I Made Kandra akan ditempatkan sebagai KA SPKT Polres Sumbawa, sebagai penggantinya yakni Iptu I Ketut Suryana. Begitu juga dengan Kasat Binmas Polres Sumbawa, AKP I Made Wirana akan menempati posisi baru sebagai Bhayangkara Administrasi Penyelia Bag Sumda, yang akan digantikan oleh AKP Muslihin dari jabatan lama sebagai Kasubag Dalops Bag Ops Polres Sumbawa. Selanjutnya Kapolsek Moyo Hilir, Iptu Muaji ditarik menggantikan posisi AKP Muslihin sebagai Kasubag Dalops Bag Ops Polres Sumbawa, sedangkan penggantinya sebagai Kapolsek Moyo Hilir yang baru yakni Iptu Hurfan, yang sebelumnya menjabat sebagai Kasiwas Polres Sumbawa. Kemudian AKP Fatmawarni, Kasubag Dalgar Bagren Polres Sumbawa bergeser sebagai Bhayangkara Administrasi Penyelia Bag Sumda Polres Sumbawa. AA Gede Putra Udyana, SE yang sebelumnya selaku analis kebijakan pertama bidang perencanaan Polres Sumbawa, dipercana menggantikan posisi AKP Fatmawarni sebagai Kasubag Dalgar Bagren Polres Sumbawa.

Baca juga:  Lepas Pawai Taaruf MTQ ke 33, Ini Pesan Wakil Bupati Sumbawa

Kapolres Sumbawa dalam sambutannya mengatakan, jabatan merupakan sesuatu yang pasti akan diserahterimakan, apalagi di jajaran Polri tidak ada jabatan yang abadi, dan sewaktu-waktu bisa mengalami pergeseran. Secara pribadi dan kedinasan Kapolres mengucapakan selamat kepada para perwira yang telah menempati posisi yang baru.

Dikatakan, jabatan merupakan sesuatu yang harus menjadi perhatian dan tanggung jawab untuk dilaksanakan dengan sunguh-sungguh. “Apa yang sudah dikerjakan kasat yang lama hendaknya dapat dilanjutkan dan disempurnakan, Satbinmas sebagai ujung tombak yang langsung bersentuhan dengan masyarakat hendaknya dapat lebih eksis lagi dan semakin dipercaya masyarakat,” ujar Kapolres.

Ditambahkan, selama bertugas di Sumbawa Kasat Reskrim AKP. Tri Prasetio telah banyak mengungkap berbagai kasus, terutama di bidang penyidikan yang sudah berhasil dilaksanakan dengan baik. Kepada Kasat Reskrim baru disampaikan ucapan selamat datang di Polres Sumbawa dan diharapkan segera dapat menyesuaikan diri. Sebab masih banyak kasus yang menjadi tunggakan dan atensi untuk diselesaikan.

Baca juga:  Waktu Tahapan Pendaftaran Caleg Akan Berakhir, 5 Parpol Sambangi KPU KSB

“Di jajaran Kepolisian tugas penyidikan merupakan sesuatu yang menjadi perhatian, karena erat kaitannya dengan penegakan hak-hak asasi manusia. Kepada Kasat Resnarkoba Kapolres juga mengucapkan selamat atas mutasi yang dilaksanakan dan secara pribadi dan komando mengucapkan terima kasih karena banyak pengungkapan masalah narkoba,” tandas Kapolres. (KS/001)