by

Sumbawa Lahan Jagung Terluas Di NTB

talifuddin
Kepala Dinas Pertanian Ir. Talifuddin
Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa-Dari 400 Ribu Hektar target pengembangan jagung di Nusa Tenggara Barat, Kabupaten Sumbawa ditarget seluas 150 hektar. Untuk menunjang keberhasilan program ini akan difokuskan pada lahan-lahan kering, bahkan Kementrian Pertanian RI sudah menjajikan 50 mesin air untuk membantu para petani. Sehingga dari 3 Kabupaten di Pulau Sumbawa, yakni Kabupaten Sumbawa, Bima dan Dompu, Sumbawa merupakan area yang terluas untuk pengembangan jagung.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Sumbawa, Ir. Talifuddin mengatakan, selain bantuan mesin air untuk menunjang keberhasilan program jagung ini juga ada dana DAK yang akan diarahkan pada pembangunan sumur-sumur dangkal di lahan kering. “Pada permukaan air tanah rendah akan kami tempatkan mesin air, diharapkan petani bisa dua tiga kali panen, beberapa tempat juga sudah menikmati itu,” ujar Talif.

Baca juga:  Sumbawa Kembali Dapat Bantuan Transportasi Laut dari Pusat

Selain itu, kata Talif bantuan dari BWS dan PU juga sangat diharapkan untuk mendukung keberhasilan program ini. karena jika hanya mengandalkan satu sumber anggaran saja tidak mungkin bisa berhasil dengan baik, mengingat jumlah anggaran yang terbatas. “Anggaran kita sangat terbatas, sehingga tidak mungkin kami bisa bekerja sendiri tanpa bantuan dari dinas lain,” kata Talif. (KS/001)