oleh

Meriah, Pembukaan Jambore Kader PKK Tingkat Provinsi NTB 2016

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumbawa Hj. Amin Rahmani Husni Djibril menghadiri Pembukaan Jambore Kader PKK Tingkat Provinsi NTB yang diselenggarakan di Hotel Lombok Raya, Senin (22/08)
Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumbawa Hj. Amin Rahmani Husni Djibril
menghadiri Pembukaan Jambore Kader PKK Tingkat Provinsi NTB yang diselenggarakan di Hotel Lombok Raya, Senin (22/08)

Mataram, Kabar Sumbawa-Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumbawa Hj. Amin Rahmani Husni Djibril yang didampingi oleh Wakil Ketua TP Pkk Kabupaten Sumbawa Hj. Sofia Noviantry Rayes menghadiri Pembukaan Jambore Kader PKK Tingkat Provinsi NTB yang diselenggarakan di Hotel Lombok Raya, Senin (22/08).

Jambore Kader PKK Tingkat Provinis NTB 2016 dibuka oleh Wakil Gubernur NTB, H. M. Amin, SH juga dihadiri oleh Ibu dr. Erni Gundarti Tjahjo Kumolo, unsur Forkopimda Provinsi NTB, Walikota Mataram, Ketua PKK se-Provinsi NTB, Ketua TP. PKK dan Wakil Ketua TP. PKK se Provinsi Nusa Tenggara Barat dan peserta Jambore.

iklan

Ketua panitia penyelenggara, Hj. Syamsiah M. Amin, dalam laporannya menyampaikan Kegiatan jambore Kader PKK Tingkat Provinsi NTB tahun 2016 ini, akan berlangsung selama 3 (tiga) hari dari tanggal 21 sampai dengan 23 Agustus 2016, dengan Mataram sebagai tuan rumah.

Dalam laporannya, beliau juga menyampaikan jika tujuan dilaksanakan Jambore kader PKK ini dimaksudkan untuk menambah wawasan pengetahuan dan persahabatan yang dapat memotivasi para kader untuk meningkatkan kinerjanya dalam rangka mewujudkan keluarga sehat dan sejahtera. Dan meningkatkan wawasan pengetahuan dan keterampilan para kader PKK untuk menjalankan 10 Program Pokok PKK. Dan saling memberikan pengalaman antar kader se Provinsi Nusa Tenggara Barat. Disamping itu, juga untuk memberikan penghargaan kepada kader  PKK berprestasi. Jumlah peserta Jambore Kader PKK Tingkat Provinsi NTB, diikuti oleh kader-kader berprestasi berjumlah 400 orang yang terdiri dari 30 orang yang mewakili kabupaten / kota se Provinsi NTB.

Pada Jambore Kader PKK tahun ini, kegiatan yang dilombakan antara lain : Parade (defile ) kontingen, Penyuluhan tentang bahaya narkoba, serta senam bersama yang telah dilaksanakan pada tanggal 20 Agustus 2016 di Lapangan Sangkareang Mataram, Pameran UMKM,  Lomba Paduan Suara, hingga Penyuluhan Pola Asuh Anak, Lomba Mendongeng bagi anak PAUD, Penyuluhan tentang Pemanfaatan pekarangan serta Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, dal Lomba Joget Bersama dari para kader yang dilaksanakan dalam suasana ceria dan menggembirakan.

Dalam sambutannya Ketua Umum TP. PKK Provinsi NTB, Hj. Erica Zainul Majdi menyampaikan terima kasih kepada Walikota Kota Mataram yang merupakan sponsor utama pelaksanaan kegiatan Jambore Kader  PKK Tingkat Provinsi NTB 2016, serta para kader PKK Se Provinsi NTB. Jambore yang diikuti oleh lebih kurang 400 kader, salah satu agenda utama kepanjangan dari hasil sosialisasi rakernas 2016 yang dilaksanakan beberapa bulan yang lalu. Selain itu, sosialisasi dari program Bank Indonesia agar bisa seiring dengan arahan Ibu Negara untuk menciptakan Perempuan Anti Korupsi. Selain itu, sosialisasi dari BPJS, untuk mengetahui program pemerintah melalui BPJS, dan sosialisasi BKKBN Provinsi NTB yang sebagai mitra Utama.

Baca juga:  Soal Pilkada, Husni : Tiket Sudah Aman

Selanjutnya dalam sambutannya Ketua Umum TP. PKK Hj. Erni Gundarti Tjahjo Kumolo, menjelaskan momentum ini memiliki kesakralan karena bertepatan dengan Bulan Kemerdekaan RI ke 71, sehingga kita bisa maknai introspeksi terhadap apa yang telah kita berikan kepada bangsa ini sesuai degan tugas dan fungsi yang kita emban, dengan menjadikan 10 program pokok sebagai pijakan langkah-langkah kita kedepan seiring perubahan dan perkembangan yang penuh dinamika. Pada hakikatnya Gerakan PKK adalah gerakan sosial masyarakat yang tumbuh dan berkembang dari dan oleh seluruh masyarakat sehingga wajar jambore  yang dilaksanakan merupakan wujud kebersamaan antar Tim Penggerak PKK dan para kader PKK untuk saling berbagi pengalaman dan pengetahuan yang dikemas dalam suasana kegembiraan dan menciptakan ikatan kelembagaan yang kuat serta berdampak pada efektifas pelaksanaan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat.

Selain itu diharapkan, bahwa TP PKK serta para kader PKK tanggap terhadap kondisi obyektif dan permasalahan yang dihadapi oleh daerahnya masing-masing sehingga dalam pelaksanaan program dan kegiatan benar-benar sesuai dengan kebtuhan masyarakat serta dapat dirasakan secara nyata” ungkapnya. Beliau juga menambahkan “ mengingat PKK merupakan mitra utama pemerintah, PKK harus memiliki program-program unggulan yang dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang sejalan dengan program prioritas pemerintah di daerah masing-masing, yang dapat digunakan sebagai efektifitas pelaksanaan pembinaan dan pemberdayaan yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat, sebagai salah satu contoh pola asuh anak, yang dapat menciptaan sumber daya manusia yang berakhlak mulia, pemanfaatan Pekarangan rumah untuk menanam jenis-jenis tanaman yang memiliki manfaat” tambahnya.

Dikatakan, PKK harus lebih mampu mengembangkan kegiatan-kegiatan melalui 10 program pokok PKK dalam mensejahterakan keluarga. Sebagai salah satu unsur pelaku pembangunan sehingga patut berperan aktif dalam upaya pemberdayaan masyarakat. “seiring dengan hal itu, saya minta Ibu-ibu Ketua TP. PKK Kabupaten / kota dan anggota harus seiring melakukan penyuluhan ke desa / kelurahan, karena dengan keteladanan, kepedulian, dan perhatian dari Ketua TP. PKK, saya yakin masyarakat akan termotivasi dalam melaksanakan program – program PKK.

Baca juga:  20 Pejabat Struktural dan 1 Pejabat Funsional Dilantik

Sesuai dengan tema Jambore Kader PKK Tingkat Provinsi Tahun 2016 “ Melalui Jambore Kader PKK, Kita Tingkatkan Kinerja Kader sebagai Garda Terdepan dalam Pemberdayaan Keluarga”.  Sesuai dengan tema ini, kita sebagai PKK bisa satu visi satu misi yaitu mensejahterakan keluarga, karena semuanya berawal dari keluarga seperti pola asuh, kesehatan, dan lainnya, karena keluarga adalah unit terkecil dan utama, karena jika keluarga baik, bangsa dan Negara kita akan menjadi baik. Maka mari kita satukan tekad dan rapatkan barisan, hanya karena dengan kesadaran  dan kebersamaan dan secara terencana kita benar-benar menjadikan gerakan PKK sebagai garda terdepan dalam mewujudkan kesejahteraan dan untuk perubahan pola pikir sehingga menjadikan setiap gerakan kita sebagai gerakan inklusif dan terbuka dengan kesahajaan dan kesederhanaan dan tutur kata yang lembut serta tekad kuat untuk mendarmabhaktikan dan yang mampu memberikan pencerahan dalam mewujdkan kesejahteraan masyarakat, sehingga gerakan PKK tumbuh dan kuat dalam mendayagunakan kebersamaannya untuk saling mendukung pembangunan demi masa depan yang lebih baik. Dan dapat menjdi teladan dalam masyarakat”.

Wakil Gubernur Provinsi NTB, H. Muhammad Amin, SH dalam sambutannya menyampaikan Terima kasih kepada ketua Umum yang telah memberikan banyak referensi untuk dijadikan acuan gerakan PKK untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga, khususnya perekonomian keluarga. Dan jika mengenai 10 program pokok pkk bisa kita jalankan bersama-sama secara maksimal, maka keluarga dan rakyat akan sejahtera. Beliau juga menambahkan “semoga kegiatan ini akan berjalan lancar. Dan mengenai program-program unggulan PKK bisa menggunakan dengan kearifan local dan memberdayakan seluruh potensi yang kita miliki ditingkat lokal dengan Sumber Daya manusia yang berkualitas, mengingat Sumber daya alam yang kita miliki sangat melimpaKegiatan pembukaan diakhiri dengan peninjauan Stan pameran UMKM oleh Wakil Gubernur Provinsi NTB, Ketua Umum PKK Pusat, Ketua umum TP PKK Provinsi yang didampingi oleh seluruh Ketua TP PKK Kabupaten/Kota ke berbagai stan UMKM. Untuk Stan Kabupaten Sumbawa yang menawarkan madu Sumbawa, Kain tenun Khas Sumbawa, batik Sumbawa, Jagung Marning dan Baso Siong serta terasi dan Minyak Sumbawa laris manis diserbu pembeli di hari pertama pameran. (KS/001)

iklan