oleh

Wakil Bupati Sumbawa Buka Lokakarya Komunitas Adat Terpencil

Lokakarya KATSumbawa Besar, Kabar Sumbawa – Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah membuka kegiatan seminar dan lokakarya Pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil (KAT) Kabupaten Sumbawa Kamis (18/8/16) di Wisma daerah.

Wabub Sumbawa H. Mo menjelaskan, pada umumnya masyarakat KAT banyak menghadapi berbagai keterbatasan untuk dikatakan hidup layak, dimana sebagian besar mereka tidak mampu memenuhi kebutuhan dasar, mengakses pelayanan sosial yang berakibat tidak dapat berpartisipasi dalam proses pembangunan karena lokasi yang dihuni oleh Komunitas adat terpencil yang umumnya terletak dikawasan yang relatif tertinggal dibandingkan dengan kawasan lainnya seperti, daerah terpencil dan pulau-pulau kecil dan lainnya, dimana sebagian masyarakatnya sebagian besarnya belum menikmati kehidupan layak.

Baca juga:  Pendistribusian Rastra Di Kelurahan Lempeh Terus Dilakukan

Lanjutnya, untuk itu komunitas adat terpencil perlu disiapkan untuk memeasuki kehidupan yang layak sebagaimana dinikmati masyarakat lainnya dengan tetap mempertahankan dan mengembangkan kearifan asli masing –masing masyarakat adat.dalam hal ini ia berharap melalui kegiatan tersebut,sebagai ajang shering informasi dari berbagai kalangan mengenai permasalahan yang ada dan strategi yang efektif dalam memberdayakan komunitas adat terpencil, khususnya di dusun Batu Tala desa Bao Desa dan Desa Sampar Kuang Rea Desa Batu Rotok Kecamatan Batu Lante yang telah ditetapkan menjadi lokasi bantuan oleh pemerintah pusat melalui Kemensos RI. “ Jelasnya” (KS/002)

ksbksb ksbksb