by

Pilkades Serentak 20 Desa Berjalan Sukses

Tarunawan, SP. S.Sos Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-PD)
Tarunawan, SP. S.Sos
Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-PD)

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa—Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) pada 20 desa di Kabupaten Sumbawa berjalan tertib, lancar dan sukses. Bahkan hampir semua desa yang melaksanakan Pilkades sudah merampungkan rapat pleno tentang penetapan kades terpilih.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-PD), Tarunawan, SP. S.Sos kepada Kabar Sumbawa, Senin (15/08/2016).

Menurut Tarunawan, dari 20 kades terpilih, 3 diantaranya merupakan Incumbent, 17 kades lain merupakan wajah baru yang diharapkan mempunyai daya kreatifitas untuk membangun desanya. “Kami sangat bersyukur, karena telah memilih figur-figur yang mempunyai daya kreatifitas dan rata-rata masih muda,” ujar Tarunawan.

Baca juga:  Pemerintah Pusat Harus Mendorong Pembangunan Smelter Di Sumbawa

Dikatakan, kendati sempat terjadi riak-riak kecil dalam proses dan pelaksanaan Pilkades di beberapa desa, hal tersebut merupakan sebuah dinamika. “Menjelang akhir pasti begitu, karena merasa diperlakukan tidak adil, namun hal itu masih sebatas praduga. Ketika ada persoalan dan indikasi kecurangan atau panitia berpihak pada calon tertentu, silahkan dilaporkan. Pelantikan akan tetap dilakukan sambil menunggu proses administrasi terkait SK pengangkatan kades terpilih,” kata Tarunawan.

Ditambahkan, proses pelantikannya diharapkan dapat dilaksanakan secara serentak. Karena proses pemilihannya dilaksanakan serentak maka pelantikannya juga akan dilakukan serentak. Di tempat yang sama, tidak dialkukan secara parsial di masing-masing desa. Kendati menurut aturan pelantikan di desa juga dibenarkan. (KS/001)