oleh

Hasil Jepretan Peserta Lomba Photografi Dipamerkan

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa-Dalam upaya memperkaya kreatifitas generasi muda Sumbawa, banyak kegiatan bermanfaat dapat dilakukan, Salah satunya adalah Lomba Photografi yang menjadi salah satu item program lomba kreatrifitas pemuda. Lomba ini diikuti oleh peserta dari kalangan pelajar, mahasiswa, dan umum termasuk para komunitas photografi se-Kabupaten Sumbawa. Hasil jepretan para peserta lomba tersebut dipamerkan di UPT Museum Budaya Kabupaten Sumbawa.

Ketua Panitia penyelenggara lomba, Pincun Nurhinsyah, SIP menjelaskan, kegiatan ini telah dimulai sejak Bulan Juli 2016 untuk tahap pengambilan gambar pada berbagai lokasi, dan hari ini (Selasa,11/08/2016 red) sampai 14 agustus 2016 hasilnya dipamerkan di Museum Budaya Sumbawa (eks kantor DPRD lama), dan pemenang dari lomba photografi ini akan diumumkan pada malam perayaan HUT kemerdekaan RI.

Dijelaskan, lomba ini sebenarnya termasuk dalam kegiatan pra Festival Moyo, karena berkaitan dengan wisata dan budaya Sumbawa sebagai obyek pemotretan. Baik itu alam maupun kegiatan kemasyarakatan, budaya dan sebagainya.

Baca juga:  Optimalkan BUMDes Desa Kiantar, Mantar Jadi Desa Wisata

Kegiatan ini merupakan yang ke-4 kalinya digelar oleh Pemuda Kreatif Sumbawa, yang dimaksudkan untuk menggali kreatifitas pemuda Sumbawa melalui kegiatan photografi sekaligus memajukan photografi itu sendiri. Untuk itu, pihaknya bekerjasama dengan komunitas photografi Sumbawa dan sebelumnya juga telah dilakukan workshop pada beberapa sekolah dalam upaya menambah pemahaman serta tehnik photografi yang baik. Selain itu, para peserta diharapkan untuk lebih mengenal alam sumbawa, lebih mencinta potensi – potensi yang ada serta keindahannya. “Mereka akan tahu dimana indahnya alam Sumbawa, dimana menariknya atraksi– atraksi budaya sumbawa, adat istiadat yang ada, dan hal itu akan dituangkan dalam seni photografi itu sendiri”, ujar Pincun.

Kedepannya diharapkan kegiatan serupa akan digelar dalam kemasan yang lebih besar dan lebih luas lagi, dengan melibatkan peserta yang lebih banyak termasuk melibatkan sejumlah komunitas photografer dari luar daerah, disamping peserta dapat menikmati keindahan alam dan panorama serta adat istiadat budaya sumbawa, mereka juga dapat menampilkan hasil karyanya dalam bentuk photografi.

Baca juga:  Tradisi Warga Pulau Medang, Mudik Gunakan Perahu Motor

Salah seorang tim juri Lomba Fotografi Gin Hendry, menjelaskan beberapa aspek penilaian mencakup unsur tentang topik/judul foto, estetika, format dan orisinalitas. “Kami akan memilih hasil foto yang benar-benar memenuhi unsur tersebut, sehingga akan terpilih pemenangnya,” kata Hendry. (KS/001)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *